Butuh Dana Cepat ? Ini 14 Solusi Paling Mudah

Butuh dana cepat ? apa yang harus anda lakukan ? sebenarnya banyak cara yang lazim dilakukan sebagian orang untuk mendapatkan dana cepat secara mudah untuk modal usaha serta keperluan lainnya. Nah dalam kesempatan ini, kami akan memberikan anda rekomendasi yang tepat untuk mendapatkan dana tunai.

Kapan membutuhkan dana tunai ?

Kebutuhan dana tunai terkadang memang mendesak, kita tidak pernah tahu kapan kita membutuhkannya, namun secara umum berikut adalah beberapa alasan seseorang membutuhkan dana secara cepat.

  1. Untuk modal usaha. Kebanyakan orang membutuhkan uang tunai secara cepat adalah untuk modal usaha dan mengembangkan bisnisnya.
  2. Untuk keperluan mendesak seperti sakit kronis. Ketika sakit dan kita belum memiliki dana cukup, tentu kita akan melakukan beberapa tindakan salah satunya adalah melakukan gadai.
  3. Untuk biaya renovasi dan pembangunan rumah. Dana terkadang dibutuhkan untuk kebutuhan renovasi dan pembangunan rumah.
  4. Untuk pembiayaan lainnya. Ada banyak jenis pembiayaan yang membutuhkan dana tunai seperti perjalanan, pembayaran hutang yang jatuh tempo serta lainnya.
  5. Pembayaran hutang mendesak. Terkadang ada hutang yang sudah mendesak yang harus segera di lunasi, nah tentu anda akan membutuhkan dana secara tunai dalam waktu

Lalu apa yang biasa di lakukan orang jika ingin mendapatkan dana tunai ? Berikut rinciannya.

1. Meminjam pada keluarga 

Ini adalah cara yang hampir pasti dilakukan seseorang yang sedang membutuhkan dana, meminjam pada keluarga terdekat seperti saudara, orang tua, atau family adalah alternatif utama. Tentu sangat masuk akal bahwa hal ini akan dilakukan sebagian besar orang, bukan ? namun ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus anda perhatikan dengan alternatif yang satu ini.

Kelebihan

  • Bisa cepat, jika keluarga anda memiliki banyak uang yang tidak terpakai, tentu anda akan mendapatkan dengan cepat uang yang anda butuhkan
  • Mungkin tidak ada bunga. Pinjaman dari saudara anda mungkin tidak ada bunga yang akan dikenakan pada anda.
  • Jangka waktu yang fleksible. Jangka waktu yang cukup fleksibel dalam pembayaran hutang umumnya adalah salah satu kelebihan dari alternatif yang satu ini.

Kekurangan

  • Hubungan akan menjadi rengang. Kebanyakan penyebab rengangnya hubungan dalam keluarga atau family adalah masalah hutang dan piutang.
  • Anda akan di diskreditkan / dikucilkan. Sehubungan dengan hutang anda, anda akan dikucilkan dalam keluarga.
  • “Rasa tidak enak hati”. Anda akan selalu merasa tidak enak hati karena terbebani masalah hutang anda.
  • Di tagih terus menerus. Nah anda harus siap juga di tagih terus menerus ketika bertemu yang mungkin akan membuat anda stress.

2. Meminjam pada teman

Alternatif kedua setelah dengan keluarga tidak bisa anda dapatkan dana tunai, selanjutnya biasanya yang menjadi sasaran adalah teman anda. Nah untuk alternatif kedua ini, tentu yang menjadi kelebihan dan kekurangan hampir sama dengan alternatif pertama tersebut.

3. Mengadaikan Rumah

Ini adalah alternatif ketiga yang paling sering dilakukan bagi anda yang ingin mendapatkan dana dalam jumlah yang besar. Mengadaikan rumah tentu memiliki risiko yang cukup tinggi karena jika rumah tersebut adalah rumah utama anda, dan anda mengalami kesulitan membayar, rumah anda sebagai jaminannya.

4. Gadai peralatan elektronik

Cara sederhana adalah mengadaikan peralatan elektronik. Namun alternatif yang keempat ini tentu dana yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan cenderung sangat kecil. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa ini adalah salah satu cara paling mudah yang dapat anda lakukan.

5. Menjual barang barang pribadi

Cara mendapatkan dana tunai dengan cepat yang paling mudah adalah menjual barang barang pribadi atau aset anda. Tidak dapat dipungkiri bahwa menjual barang barang pribadi yang ada di rumah ataupun aset adalah alternatif untuk mendapatkan dana tunai. Barang pribadi ini contohnya adalah emas, kendaraan, barang elektronik hingga sepeda motor. Nah ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus anda ketahui dalam mengambil alternatif ini. Berikut di antaranya :

Kelebihan :

  • Bisa menyesuaikan barang yang akan dijual dengan kebutuhan dana.
  • Bisa dengan cepat mendapatkan dana tunai
  • Tidak perlu pusing pengembalian kredit bulanan
  • Tidak ada bunga

Kekurangan

  • Aset akan berkurang
  • Barang anda yang mungkin memiliki nilai historis tidak bisa anda miliki lagi
  • Biasanya di jual dengan nilai yang sedikit di bawah pasaran

6. Meminjam dana dari kredit usaha rakyat

Saat ini sangat banyak program KUR atau yang dikenal dengan kredit usaha rakyat yang dipasarkan oleh bank bank. Tentunya saat ini hampir semua bank sudah menjalankan bisnis ini. Nah, kredit usaha rakyat ini memang ditujukan pada para pengusaha kecil dan menengah karena tentunya memiliki berbagai kelebihan.

Namun walaupun namanya adalah kredit usaha rakyat, jangan sembarangan mengambil kredit ini, karena bisa saja beberapa bank menerapkan bunga yang tinggi. Selain bunga ada berbagai komponen biaya yang harus anda perhatikan seperti asuransi, biaya administrasi, biaya pelunasan, dan biaya pengurusan lainnya yang dikenakan bank. Jangan sampai anda menjadi korban dari biaya yang overload ini.

7. KTA – Kredit tanpa agunan

Salah satu produk yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah KTA atau kredit tanpa agunan. Hal ini sangat wajar karena syarat untuk mengajukan KTA juga tidak terlalu sulit jika dibandingkan pinjaman dana dari produk bank lainnya. Dana yang dicairkan juga sangat bervariasi sesuai dengan kebutuhan anda. Berkisar antara 5 hingga 200 juta rupiah.

Pencairan dana ini tentu mempertimbangkan beberapa faktor, diantaranya adalah gaji bulanan anda, histori atau riwayat transaksi anda, serta faktor lainnya yang dapat menjadi pertimbangan bank.

8. Melalui koperasi

Koperasi adalah salah satu jenis usaha yang memungkinkan anda mendapatkan dana tunai dengan mudah dan cepat. Pada umumnya koperasi memang melayani anggotanya saja, namun banyak yang menjalankan bisnisnya dengan memberikan pinjaman pada masyarakat umum.

Syarat yang diterapkan melalui koperasi juga relatif sangat mudah, namun kekurangannya adalah dana yang cair biasanya tidak terlalu besar.

9. Kredit di BPR

Sebagai salah satu lembaga keuangan yang cukup populer di Indonesia, BPR merupakan salah satu alternatif bagi para pengusaha untuk melakukan pinjaman dana tunai yang mudah. Dana yang cair biasanya juga cukup tinggi dibandingkan dengan koperasi atau lainnya. Namun kekurangannya adalah bunga yang harus di bayarkan cukup tinggi.

10. Lembaga non resmi 

Rentenir dalam bahasa halus lembaga non resmi / non bank adalah salah satu alternatif yang sering digunakan oleh masyarakat dalam mendapatkan dana tunai. Ada berbagai kelebihan yang dapat anda nikmati karena biasanya syaratnya tidak sulit serta tidak membutuhkan jaminan. Syaratnya hanya anda dituntut memiliki usaha atau minimal toko kelontong di rumah anda. Pinjaman yang diberikan juga relatif kecil umumnya di bawah 20 juta rupiah. Namun jika usaha anda besar bukan tidak mungkin lembaga non resmi ini bisa memberikan

11. Lembaga multi finance

Saat ini sangat banyak lembaga multifinance yang dikelola secara profesional seperti sinarmas, ataupun bentukan bank. Lembaga multifinance ini dapat memberikan dana tunai secara cepat dengan syarat yang tidak terlalu berat.

12. Perum Pegadaian

Butuh dana tunai ? Perusahaan pelat merah satu ini memang menjadi tempat paling sering dikunjungi dalam mengadaikan barang barang berharga seperti emas ataupun alat berharga lainnya. Proses yang mudah dan bunga yang juga terjangkau menjadi alasan kuat masyarakat menggunakannya.

13. Pinjaman dari Departemen Pemerintah

Saat ini departemen pemerintah terkadang mengeluarkan pinjaman pada para pengusaha kecil menengah untuk sebagai salah satu bentuk CSR ataupun amanat undang undang. Namun umumnya adalah dari proposal bisnis yang anda tawarkan. Mereka akan melakukan seleksi untuk memilih kandidat usaha yang berpotensi berhasil. Keuntungan yang anda dapat adalah tidak perlunya membayar dana ini.

14. Lembaga Leasing

Lembaga leasing seperti PT BFI Finance Indonesia Tbk merupakan salah satu lembaga pinjaman yang paling populer untuk mendapatkan dana tunai dengan pembiayaan yang cukup tinggi. Anda dapat mengadaikan mobil untuk mendapatkan pembiayaan ini.

Kelebihan :

  • Mudah, proses cepat bahkan kurang dari 24 jam
  • Plafon pinjaman yang cukup tinggi hingga 85% dari harga mobil
  • Mobil adalah kebutuhan secondary, jadi risiko juga sangat kecil
  • Dapat dijangkau olah seluruh masyarakat dari penjuru Indonesia. BFI memiliki cabang di seluruh penjuru Indonesia.
  • Pembayaran dapat dilakukan dengan bank bank lokal dan tidak menyulitkan anda.

Jika anda butuh dana tunai cepat dan memiliki kendaraan bermotor, kami sebagai marketing perusahaan tbk terkemuka di Indonesia siap membantu anda. Proses cepat dan tidak berbelit belit, segera hubungi tim marketing kami.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

gadai bpkb online
Oleh :
Kategori : Tips
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun