9 Cara Aman Gadai BPKB dan Terpercaya

Ketika anda perlu suntikan dana untuk memulai usaha baru atau mungkin akan mengembangkan usaha anda saat ini, tentu anda akan mencari cara untuk menutupi dana yang anda butuhkan tersebut. Bukan masalah jika seandainya modal anda cukup banyak, namun jika modal anda pas-pasan, kurang atau bahkan tidak ada, ada baiknya anda memikirkan pinjaman dengan agunan barang berharga yang ada pada anda. Salah satunya adalah dengan menggadaikan BPKB mobil anda. Saat ini disemua lembaga keuangan baik itu bank konvensional, bank syariah, bank perkreditan, pegadaian dan perusahaan pembiayaan menyediakan fasilitas pinjaman dengan agunan BPKB mobil. Namun anda harus hati-hati, carilah cara aman gadai BPKB anda. Jangan sampai anda menyesal dikemudian hari.

Baca juga : Gadai BPKB dengan Bunga Rendah

Ada beberapa hal yang harus anda pelajari dan mengerti sebelum anda menggadaikan BPKB mobil anda. Anda harus tahu secara jelas dan rinci tentang hak dan kewajiban anda sebagai nasabah, jangan sampai kelak ketika anda sudah menandatangani dokumen perjanjiannya, baru anda menyadari ada beberapa klausa yang anda rasa tidak sesuai atau merugikan anda.  Agar BPKB anda aman dan anda juga mendapat pinjaman, berikut langkah-langkah yang harus anda perhatikan:

  1. PILIH LEMBAGA KEUANGAN YANG TERPERCAYA

Walau bunga rendah dan tenor panjang menjadi pertimbangan utama, namun anda harus melihat secara jeli lembaga keuangan yang akan menjadi pilihan anda sebagai pemberi pinjaman. Di jaman canggih dan serba instan sekarang ini, sangatlah mudah untuk mendapatkan informasi-informasi penting seputar lembaga keuangan yang memberikan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil. Ketika anda sudah puas dengan membacanya di internet, anda bisa mengkonfirmasikan data tersebut dengan orang-orang disekitar anda. Carilah informasi dari orang-orang terdekat atau kenalan anda yang pernah menggadaikan BPKB mobilnya, tanyalah keuntungan dan kerugiaan dari lembaga keuangan yang pernah mereka pilih sebagai pemberi kredit. Jika anda kurang puas, anda bisa datang langsung ke beberapa lembaga keuangan yang anda pikir terpercaya dan menanyakan langsung pada customer service tentang segala hal yang ingin anda ketahui. (Baca juga : Gadai BPKB mobil di Bank BCA)

  1. PROSEDUR DAN PROSES PEMINJAMAN

Ketika anda bertanya tentang prosedur dan proses peminjaman kepada petugas, anda akan diberitahu prosesnya dari A sampai dengan Z. Jika ada yang tidak anda mengerti, jangan malu untuk bertanya sampai anda mengerti benar prosedurnya. Dan ingat, pastikan petugas yang ditunjuk melakukan prosedur sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh perusahaannya. Jika petugas tersebut melenceng, segera anda tegur dan beritahu untuk melaksanakan tugasnya secara benar. Karena bukan mustahil jika petugas tersebut suatu saat di masa yang akan datang ternyata bermasalah, maka anda akan terkena dampaknya karena pinjaman anda tidak diproses sesuai dengan prosedur dasar dari perusahaan. (Baca juga: Gadai BPKB Mobil 24 Jam)

  1. JANGAN TERTIPU OLEH PROMOSI YANG TERLIHAT MANIS

Iklan dimana-mana juga berisi hal-hal yang bagus dan seolah-olah menguntungkan nasabah atau pelanggan. Anda harus hati-hati dalam menyikapi bentuk  promosi yang berlebihan, lebih cermat dan banyak bertanya adalah kunci utamanya. Sebagi contoh, ketika anda tergiur oleh iklan yang memberi bunga rendah, tapi anda tidak sadar ketika biaya-biaya yang anda keluarkan cukup besar. Ketika anda hitung-hitung lagi, ternyata anda malah rugi karena harus membayar biaya-biaya yang tinggi, sehingga pinjaman anda menjadi tidak efektif. (Baca juga: Pinjaman Jaminan BPKB)

  1. HINDARI TAWARAN PINJAMAN YANG BERLEBIHAN

Ingatlah awal tujuan anda melakukan pinjaman. Ketika besaran pinjaman sudah ditetapkan dari awal, anda jangan tergiur karena pemberi pinjaman akan memberikan  pinjaman lebih dari yang anda ajukan. Biasanya mereka akan merayu anda dengan bunga yang lebih rendah, dan mengatakan bahwa akan susah mendapat kesempatan seperti ini dimasa yang akan datang. Fokus dan tetap menjalani rencana awal. Anda harus ingat bahwa semakin besar pinjaman, maka akan semakin besar pula cicilan dan tentu saja bunganyapun semakin besar. Kalau pinjaman itu digunakan untuk kebutuhan konsumtif anda atau malah terus tersimpan di rekening anda karena anda bingung akan menggunakannya untuk apa, hal ini sudah pasti merugikan karena anda harus membayar bunganya setiap bulan

  1. HINDARI MEMBERIKAN DOKUMEN BERHARGA PADA PETUGAS SECARA PRIBADI

Ketika proses sudah berjalan, jangan sekali-sekali anda memberikan BPKB asli mobil anda kepada petugas survey atau petugas yang datang secara pribadi ke rumah anda. Lebih aman dan terjamin, jika anda datang langsung ke kantor lembaga keuangan yang anda pilih, dan memberikan langsung BPKB asli mobil anda kepada petugas yang berwenang dan tentu saja anda harus meminta surat tanda terima yang sah (Baca juga: Cara Menggadaikan BPKB mobil)

  1. MOBIL ANDA DITAKSIR TIDAK SESUAI DENGAN HARAPAN ANDA

Mungkin anda bingung ketika mobil anda ditaksir jauh dari perkiraan anda. Hal ini mungkin saja terjadi jika mobil anda bukan mobil yang umum. Umum disini adalah penilaian berdasarkan pasar. Walau mobil anda bagus namun tidak laku dipasaran karena penggemar atau penggunanya kalangan terbatas, maka akan jadi pertimbangan bagi lembaga keuangan tersebut dalam menaksir kendaraan anda. Atau mungkin saja mobil anda adalah mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat, namun anda telah menambahkan asesoris yang bersifat pribadi. Hal inipun akan mempengaruhi harga jual mobil anda, sehingga juru taksir akan menilai rendah harga jual mobil anda (Baca juga: Gadai BPKB di Leasing)

  1. GADAI FISIK KENDARAAN

Ketika anda terpaksa harus menggadaikan fisik mobil anda, carilah lembaga keuangan yang mempunyai fasilitas penyimpanan mobil yang bagus dan menjamin kendaraan anda akan kembali seperti semula. Harus diingat, anda akan menyimpannya berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Jangan sampai mobil anda menjadi lusuh dan baret-baret ketika anda telah melunasinya.

  1. GADAI SECARA ONLINE

Banyak lembaga keuangan yang membuat website dengan jargon bahwa mereka adalah jalan yang tepat, cepat dan aman bagi anda yang akan menggadaikan BPKB mobilnya. Jangan terburu-buru untuk percaya, tetap waspada dan selidiki apakah lembaga keuangan yang dimaksud bisa dipercaya atau tidak. Baca juga : Gadai Mobil BFI

  1. BAYAR CICILAN DITEMPAT YANG SUDAH DITENTUKAN

Ketika pinjaman anda sudah disetujui, anda harus membayar cicilan yang sudah disepakati setiap bulannya. Lakukanlah pembayaran selalu ditempat yang sudah ditentukan oleh lembaga keuangan yang anda pilih, jangan sekali-sekali membayar cicilan anda kepada perorangan, walau anda tahu itu adalah pegawai  perusahaan tersebut dan memberikan tanda terima, karena jika oknum tersebut tidak  menyetorkan uang cicilan anda, maka perusahaan akan tetap menganggap anda belum membayarnya walaupun anda memberikan bukti pembayaran dari oknum tersebut.

Demikian Sembilan cara aman gadai BPKB, semoga bermanfaat bagi anda yang akan menggadaikan BPKB mobilnya. Kunci utamanya adalah teliti dan jangan malu bertanya jika anda tidak mengerti.

Baca juga: Gadai BPKB mobil pajak mati, Kekurangan dan Kelebihan BFI Finance

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun