101 Cara Meminjam Uang Tanpa Kartu Kredit Dalam Jumlah Besar

Banyak orang yang memiliki kartu kredit namun tidak bisa menggunakannya dengan baik. Seperti yang kita ketahui bahwa kartu kredit memang bisa menjadi solusi cerdas bag kebuthuan finansial kita, namun sekaligus juga dapat menjadi sesuatu yang sangat menakutkan bagi kita, terutama bila kita tidak dapat memenuhi kewajiban untuk membayar tagihan tepat waktu. Hal ini terutama dikarenakan bunga yang dikenakan oleh kartu kredit sangat besar sehingga bila kita telah gagal untuk membayar tagihan sekalis aja, bunganya akan terus bertumpuk sehingga jumlah pinjaman kita pun akan menjadi semakin berkali-kali lipat. Hal ini bahkan seringkali membuat banyak orang menjadi terbebani hutang yang seakan tiada ujungnya karena selain harus melunasi jumlah pinjaman pokok, mereka juga harus membayar total bunga yang tentunya tidak sedikit, bahkan malah mungking jauh lebih besar dari jumlah pinjaman pokok.

Sebenarnya ada cara yang lebih aman untuk mendapatkan pinjaman tanpa harus menggunakan kartu kredit, meskipun tidak merubah kewajiban kita untuk tetap melunasinya tepat waktu. Keunggulan dari metode ini adalah besaran bunganya tidak terlalu besar dan tidak terlalu memberatkan peminjam dana Pinjaman tunai tanpa kartu kredit layaknya kartu kredit. Cara tersebut adalah dengan mendatangi berbagai institusi yang melayani peminjaman dana untuk berbagai keperluan, termasuk modal usaha, dengan bunga yang masih masuk akal dan tidak terlalu besar.

Dalam artikel ini kami akan menjabarkan berbagai cara untuk mendapatkan pinjaman tanpa kartu kredit. Kami juga akan membahas berbagai institusi yang menyediakan jasa peminjaman uang untuk berbagai keperluan.


Apa itu Kartu Kredit?

Pada jaman sekarang, kartu kredit memang telah berubah fungsi menjadi salah satu kebutuhan  primer bagi sebagian besar orang. Berbagai fasilitas dan kemudahan yang diberikan kartu kredit seolah menjadi oase tersendiri di tengah padang pasir, memunginkan orang-orang untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan meskipun sedang tidak memiliki uang sama sekali. Istilahnya, mereka mengajukan kredit pada bank, atau dengan kata lain menggunakan uang bank untuk membeli barang yang mereka inginkan, alias berhutang kepada bank.

Oleh karena itu, karena sifat dasar dari kartu kredit adalah hutang, uang yang kita gunakan untuk membeli barang menggunakan kartu kredit juga pastinya harus dikembalikan. Hal ini kerap menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat. Masih banyak orang yang salah kaprah dengan menganggap bahwa kartu kredit merupakan alat pembayaran pengganti uang tunai. Akibatnya, mereka pun menggunakan kartu kredit yang mereka miliki untuk berbelanja sesuka mereka tanpa memikirkan bahwa kartu kredit memiliki limit yang harus dipenuhi agar jumlah hutang tidak melebihi kemampuan mereka untuk membayarnya. Akibatnya, banyak orang yang kemudian justru terlilit hutang kartu kredit yang tidak terbayar karena mereka terlambat dalam melunasi hutang mereka terhadap bank.

Dalam hal ini, kartu kredit memang sekilas terlihat seperti fasilitas yang diberikan pihak bank untuk mempermudah kita mendapatkan pinjaman untuk membeli berbagai barang yang kita butuhkan. Akan tetapi, sebenarnya ada bahaya yang mengintai bila kita tidak menggunakan kaartu kredit dengan bijak, termasuk terkena lilitan hutang yang seolah tidak ada ujungnya. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan menjelaskan mengenai berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh pinjaman tanpa perlu menggunakan kartu kredit.


1. Meminjam Uang dari Kerabat

Cara mendapatkan pinjaman uang tanpa kartu kredit paling sering dilakukan adalah dengan mengajukan pinjaman dari kerabat. Cara ini cukup sering dilakukan oleh banyak orang di Indonesia. Hal ini umumnya karena orang Indonesia masih sangat menjaga hubungan baik dengan kerabat mereka, sehingga cukup mudah bagi mereka mendapatkan pinjaman uang dari orang terdekat mereka. Ketika kita memerlukan pinjaman uang untuk keperluan mendesak, meminjam dari orang terdekat memang menjadi opsi yang paling masuk akal. Selain kita bisa segera mendapatkan pinjaman tanpa harus melalui proses yang berbelit-belit, kita juga kemungkinan besar tidak akan dikenakan bunga pinjaman, alias kita hanya harus mengembalikan uang sejumlah yang kita pinjam. Belum lagi, biasanya kita tidak akan dikenakan kewajiban untuk mengembalikan uang tersebut tepat waktu, alias fleksibel.

Satu hal yang pasti, kita tentunya harus dapat menjaga kepercayaan orang yang meminjamkan uang mereka kepada kita. Banyak kejadian dimana sesama saudara menjadi berselisih hanya karena masalah hutang piutang. Hal inilah yang tentunya perlu kita hindari agar masalah hutang tidak lantas merusak hubungan baik kita dengan saudara kita.

2. Meminjam Uang dari Bank

Salah satu cara yang paling banyak digunakan orang untuk mencari pinjaman adalah dengan mengajukan pinjaman ke bank. Tentu saja hal ini jauh berbeda dengan meminjam uang dari kerabat, karena kita akan dikenakan berbagai macam syarat yang harus dipenuhi, termasuk pengenaan bunga serta jatuh tempo terhadap jumlah pinjaman yang kita ajukan.

Saat ini hampir semua bank telah memiliki program pemberian pinjaman kepada nasabah. Sistem pinjaman yang ditawarkan pun bermacam-macam, sehingga kita bisa memilih sistem pinjaman mana yang sesuai dengan kondisi serta kebutuhan kita.

Banyaknya jenis program pinjaman membuat kita memiliki banyak pilihan untuk memperoleh pinjaman. Dari sekian banyak program pinjaman yang disediakan oleh bank, salah satu program yang menjadi favorit di tengah masyarakat adalah program Kredit Tanpa Agunan (KTA). Program ini menjadi favorit karena kemudahan yang ditawarkan, dimana kita tidak diharuskan untuk menyerahkan agunan kepada pihak bank ketika mengajukan pinjaman. Fitur-fitur lain dari program ini yang semakin menguatkan fakta bahwa masyarakat menyukai program ini adalah proses pencairan yang cepat serta kemudahan dalam metode pembayaran.

Satu hal yang harus diperhatikan ketika akan mengambil program pinjaman ini adalah karena tidak ada agunan yang dilibatkan dalam program ini, bunga yang dikenakan terhadap pinjaman pun akan lebih besar dibandingkan dengan program pinjaman lainnya, yaitu sekitar 10 sampai 23 persen. Namun hal ini dianggap wajar karena risiko kredit macet yang dimiliki oleh pihak bank juga tentunya meningkat berkali-kali lipat karena para peminjam tidak perlu menyerahkan agunan saat akan mengajukan pinjaman.

Untuk dapat menikmati program ini, ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi.

  • Menyerahkan berbagai dokumen yang diperlukan (fotokopi KTP, fotokopi rekening koran, fotokopi kartu kredit, fotokopi NPWP, dan slip gaji
  • Memiliki pendapatan minimal Rp 5 juta per bulan
  • Memiliki kartu kredit dengan minimum satu tahun pemakaian

3. Meminjam Uang dari Koperasi

Banyak orang yang berpikiran bahwa koperasi hanya akan memberikan pinjaman kepada anggota koperasi tersebut, sehingga mereka mengurungkan niat mereka untuk mengajukan pinjaman ke koperasi. Padahal, koperasi juga bisa memberikan pinjaman kepada mereka yang belum menjadi anggota koperasi tersebut, dengan catatan orang yang mengajukan pinjaman  harus sudah mendaftar sebagai anggota koperasi, atau dengan kata lain mereka telah berstatus sebagai calon anggota koperasi pada saat mengajukan pinjaman.

Hal yang paling penting untuk dilakukan ketika akan mengajukan pinjaman kepada koperasi adalah untuk membuat proposal yang tepat sesuai dengan kebutuhan dana kita. Misalnya kita ingin meminjam uang untuk keperluan modal usaha, maka kita sebaiknya menyertakan proposal bisnis kita pada saat mengajukan pinjaman sehingga pihak koperasi dapat menjadi lebih yakin bahwa kita mampu untuk melunasi pinjaman kita. Proposal tersebut akan menjadi senjata kita dalam meyakinkan koperasi bahwa kita layak untuk diberikan pinjaman modal usaha.

Mengenai perhitungan bunga di koperasi, terdapat beberapa sistem bunga yang berbeda, antara lain bunga flat dimana jumlah bunga tidak akan berubah-ubah sampai akhir masa pinjaman; bunga menurun dimana bunga yang dikenakan bergantung kepada besar pinjaman yang kita ajukan kepada pihak koperasi; dan bunga menurun efektif yang dimana bunga yang dikenakan dihitung dari besaran saldo setiap akhir bulan, sehingga jumlahnya pun akan semakin menurun dari waktu ke waktu.

Untuk dapat mengajukan pinjaman dari koperasi, terdapat beberapa persyaratan yang harus kita penuhi. Persyaratan tersebut antara lain:

  • Menyetujui Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga koperasi
  • Membayar simpanan pokok dan simpanan wajib koperasi
  • Mengisi formulis pinjaman
  • Menyerahkan berbagai dokumen yang diperlukan (KTP suami istri, fotokopi kartu keluarga, rekening listrik, slip gaji, dan agunan)

4. Menggadaikan Aset

Cara meminjam uang tanpa kartu kredit yang paling ampuh selanjutnya adalah dengan mengadaikan aset. Yang paling umum adalah gadai bpkb mobil. Cara terakhir yang akan dibahas dalam artikel ini adalah menggadaikan berbagai aset yang kita miliki untuk mendapatkan pinjaman. Hal ini memang merupakan cara yang paling efektif dan adil bagi kedua pihak, yaitu lembaga peminjaman uang dan kita selaku nasabah.

Salah satu lembaga tempat menggadaikan aset tentunya adalah PT Penggadaian. Perusahaan milik pemerintah ini memang melayani berbagai keperluan pendanaan masyarakat. Hal yang menjadi keunggulan institusi ini adalah bunga yang tergolong rendah dan plafon pinjaman yang fleksibel, sesuai dengan nilai barang yang kita gadaikan.

Syarat-syarat untuk menggadaikan barang di Pegadaian adalah sebagai berikut:

  • Menyerahkan agunan
  • Menyerahkan dokumen yang dibutuhkan (fotokopi KTP, kartu keluarga, surat keterangan usaha)

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggadaikan BPKB kendaraan kita, baik itu mobil maupun motor, ke berbagai lembaga leasing terpercaya. Saat ini telah banyak lembaga leasing yang ada di Indonesia. Salah satu lembaga yang terbesar dan paling terkemuka adalah PT BFI Finance Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 32 tahun, BFI Finance telah meraih berbagai capaian serta penghargaan di bidang perkreditan

Untuk dapat mengajukan pinjaman dari BFI Finance, berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Menyerahkan agunan kendaraan minimal tahun 2003 untuk mobil dan tahun 2008 untuk motor
  • Menyerahkan berbagai dokumen yang diperlukan (fotokopi KTP suami istri, kartu keluarga, rekening listrik/PBB, rekening koran 3 bulan terakhir, BPKB kendaraan yang akan dijadikan jaminan, serta slip gaji atau SKU)

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan dana pinjaman tanpa menggunakan kartu kredit. Keempat cara di atas dapat menjadi alternatif ketika kita tengah membutuhkan dana pinjaman untuk berbagai keperluan kita. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran mengenai berbagai program pinjaman yang tersedia di Indonesia.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun