4 Cara Meminjam Uang Tanpa Riba Paling Mudah

Di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, riba menjadi masalah yang krusial. Semua umat muslim berusaha untuk menghindari riba dalam segala aspek kehidupan. Namun ketika kebutuhan hidup melebihi pendapatan, apakah ada cara meminjam uang tanpa riba?

Baca juga:

Sebelum lebih lanjut membahas masalah meminjam uang tanpa riba, kita lihat arti riba. Riba secara harfiyah berarti menambah, tumbuh atau berkembang, karena pada dasarnya transaksi riba terjadi jika seseorang menambahkan atau meminta tambahan dari sesuatu yang kita pinjamkan.

Baca juga:

Ada berbagai macam riba dilihat dari jenis pinjaman, transaksi dan barangnya, yaitu:

  • Riba Jahiliyah atau Mudha’afah

Yaitu riba yang melipatgandakan pinjaman pokok. Ketika peminjam tidak bisa mengembalikan pinjaman tepat pada waktunya, maka pemberi pinjam akan meminta pengembalian lebih dari pokok

Contohnya: Jika A meminjam uang ke B sebanyak Rp 100.000,- dengan janji akan mengembalikannya 1 bulan kemudian, namun ketika saatnya membayar, A tidak bisa memenuhi kewajibannya, maka B mengatakan bahwa A bisa membayar bulan depan namun nominalnya berubah menjadi Rp 150.000,- . Nah yang Rp 50.000,- adalah uang riba

  • Riba Qardh

Yaitu riba dimana pemberi pinjaman mensyaratkan penambahan pengembalian di awal perjanjian kepada peminjam.

Contohnya: Ketika A meminjam uang ke B sebanyak Rp 100.000,- kemudian B meminta A mengembalikan sebanyak Rp 150.000,- maka yang Rp 50.000,- adalah uang riba

  • Riba Nasi’ah

Adalah dimana jika seseorang membeli barang tetapi membayarnya tidak saat itu. Disebut riba karena nilai barang tersebut sudah berubah ketika orang tersebut membayarnya.

Contohnya: Ketika A membeli emas 5 gram bulan ini tapi membayarnya bulan depan. Itu dinamakan riba nasi’ah karena kita tidak tahu harga emas bulan depan.

  • Riba Fadhl

Adalah ketika seseorang menukarkan barang dengan barang lain yang berbeda berat dan jenisnya.

Contohnya: Jika A akan menukarkan emas 20 karat seberat 5 gram dengan emas 24 karat seberat 3 gram.

  • Riba Yad

Adalah riba yang muncul dari transaksi jual beli karena adanya perbedaan harga barang jika penyerahannya dilakukan kemudian.

Contoh: Jika A membeli sebuah motor dengan harga Rp 14.000.000,- namun jika A membayar selama 2 tahun maka total harga menjadi  Rp 18.000.000,- dan jika membayar dalam jangka waktu 3 tahun maka harganya menjadi Rp 20.000.000,- demikian seterusnya.

Itulah 5 jenis riba yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Sadar atau tidak sadar, kita mungkin pernah melakukannya. Agar terhindar dari ke 5 jenis riba diatas, ada beberapa cara meminjam uang tanpa riba. Penasaran? Ini dia:

1. Meminjam pada orang tua, saudara, teman atau tetangga

Ini adalah acara yang paling popular. Ketika kita perlu menutupi kebutuhan hidup orang yang lebih dahulu kita datangi untuk diminta tolong adalah orang tua, kemudian saudara atau teman atau tetangga. Walau plafon tidak terlalu tinggi, kecuali orang tua tentunya, namun dipastikan tanpa bunga dan waktu pengembaliannya pun sangat fleksible. Dan juga tidak akan ada penalti atau surat peringatan apapun. Ketika kita tidak bisa membayar, tinggal datang dan membicarakannya secara kekeluargaan.

Tapi kita pun jangan keenakan, selalu usahakan tepat waktu membayar sesuai dengan janji kita di awal. Jika kita wanprestasi, bisa dipastikan mereka tidak akan percaya lagi pada kita dan hubungan persaudaraan atau pertemanan pun bubar. Hal ini tentu sangat disayangkan.

Baca juga : Cara Meminjam Uang Tanpa Jaminan

2. Pinjam Ke Kantor

Cara yang kedua adalah pinjam ke kantor tempat kita bekerja. Hal ini tentu saja berlaku hanya bagi karyawan yang telah lama bekerja dan dipercaya oleh atasan. Meminjam ke kantor ini memang sangat simpel, karena cicilan akan dipotong langsung dari gaji kita setiap bulannya.

Walau pinjaman ini tidak ada bunganya namun pengembaliannya biasanya harus lunas dalam jangka waktu pendek misalnya setahun. Hal ini disebabkan banyaknya antrian karyawan lain yang ingin meminjam juga, sehingga waktu pengembalian harus secepatnya.

Baca juga: Keuntungan Gadai Dibandingkan Kredit Perbankan

3. Koperasi

Bagi anda anggota koperasi simpan pinjam, bisa meminjam uang tanpa riba di koperasi. Tapikan koperasi menambahkan suku bunga di setiap cicilannya? Apa itu bukan riba? Bukan! Karena bunga itu di akhir periode kepengurusan akan kembali kepada anggota melaui rapat anggota tahunan.

Jadi suku bunga di koperasi tidak akan memberatkan anggotanya, malah sangat menguntungkan karena pada akhirnya akan kembali kepada anggota itu sendiri.

Baca juga: Cara Meminjam Uang di Koperasi

4. Lembaga Keuangan Syariah

Atau alternative terakhir, anda bisa meminjam uang ke lembaga keuangan syariah seperti bank atau pegadaian. Namun tetap ada beberapa syarat yang harus anda penuhi termasuk biaya-biaya karena lembaga keuangan tersebut memerlukan biaya operasional untuk mengelolanya.

Ada banyak program yang ditawarkan oleh lembaga keuangan syariah ini, anda tinggal memilih yang betul-betul cocok dengan kondisi keuangan anda saat ini dan kelak ketika harus membayarnya. Tenor dari syariah ini biasanya hanya 90 hari, namun bisa diperpanjang lagi sesuai dengan perjanjian awal.

Baca juga: Perbedaan Gadai Syariah dan Konvensional

Itulah ke 4 cara meminjam  uang tanpa riba, anda bisa memilih salah satunya sebagai jalan keluar dari masalah keuangan anda. Yang harus diingat, meminjam uang pada siapapun atau pada lembaga keuangan manapun, kita harus berkomitmen untuk menunaikan kewajiban kita setiap bulannya. Karena sekali kita wanprestasi, maka kelak tidak akan ada lagi orang atau lembaga keuangan manapun yang akan percaya. Hal ini pasti akan membuat kita susah di kemudian hari jika kita memerlukan pinjaman lagi.

Baca juga:

Ada satu lagi jalan keluar jika anda memerlukan dana cepat dan dalam jumlah besar, sedangkan asset anda satu-satunya adalah mobil. Anda bisa menggadaikan mobil anda di gadaibpkb.co.id, sebuah perusahaan pembiayaan terpercaya di Indonesia dengan syarat-syarat yang mudah. Anda tinggal klik disini dan mengisi formulir yang sudah disediakan. Tidak berapa lama kemudian, pegawai kami yang professional dan terlatih akan menghubungi anda untuk transaksi lebih lanjut. Selamat mencoba!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun