15 Cara Meminjam Uang Yang Aman dan Terpercaya

Saat ini di dunia maya banyak sekali terdapat situs yang menyediakan pinjaman uang online. Mulai dari yang system gadai sampai dengan yang mengiming-imingi pinjaman cepat dengan bunga rendah tanpa jaminan. Tujuan mereka tentu saja untuk menjerat anda yang sedang perlu pinjaman segera sehingga kadang-kadang tidak berhati-hati dan pada akhirnya menimbulkan masalah dikemudian hari. ( Baca juga: Cara Meminjam Uang Tanpa Kartu Kredit)

Meminjam uang untuk suatu keperluan tertentu, tentu saja tidak ada salahnya, asal anda betul-betul menggunakannya untuk keperluan tersebut dan mempunyai sumber keuangan yang pasti untuk membayar cicilannya. Yang harus diingat, walau anda sedang terburu-buru, tetap sikap kehati-hatian harus diutamakan agar anda tidak terjebak oleh penipu. Agar hal ini tidak terjadi, ada beberapa cara meminjam uang yang aman, berikut adalah tips-tips yang bisa anda jadikan acuan:

  1. Jika memungkinkan, pinjam pada orang terdekat anda seperti orang tua, saudara atau tetangga dekat. Selain tanpa bunga, juga waktu pengembaliannya biasanya lebih fleksibel. Namun yang perlu diingat, jangan sampai anda terlena dan tidak membayar utang anda sesuai dengan yang sudah dijanjikan. Hal ini akan merusak hubungan baik anda dengan si pemberi pinjaman. ( Baca juga: Tempat Gadai BPKB Mobil di Bekasi)
  2. Jika ternyata tidak berhasil meminjam pada orang terdekat, anda bisa mencoba mengajukan pinjaman pada bank atau perusahaan pembiayaan, pilihlah bank atau perusahaan pembiayaan yang terpercaya. Salah satu perusahaan pembiayaan yang terpercaya adalah PT BFI Indonesia. Untuk lebih jelasnya anda juga bisa kunjungi Gadai BPKB Mobil di BFI
  3. Ada baiknya anda memilih bank atau perusahaan pembiayaan yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, hal ini akan menjamin keamanan anda karena semua kegiatan usaha perusahaan tersebut diawasi dan harus patuh pada aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.
  4. Tanyakan pada orang yang telah berpengalaman mengajukan pinjaman pada bank atau perusahaan pembiayaan, hal ini akan berguna sebagai referensi bagi anda.
  5. Jangan tergiur dengan iklan-iklan manis yang mereka pasang, galilah informasi lebih dalam.
  6. Carilah suku bunga serendah mungkin namun masih dalam batas wajar. Jika ada yang menawarkan bunga tidak wajar, maka anda wajib curiga perusahaan tersebut akan melakukan penipuan. (Baca juga: Gadai BPKB Mobil Bunga Murah)
  7. Ambilah tenor yang dirasa pas bagi anda. Jangan terlalu pendek karena akan merepotkan anda dengan cicilan yang pasti besar, namun juga jangan terlalu lama karena semakin lama anda menyicil maka akan semakin besar bunga yang anda bayarkan.
  8. Ada banyak situs-situs yang menyediakan jasa pembanding untuk pinjaman uang. Anda tinggal memasukan jumlah dana yang anda butuhkan dan tenor yang anda inginkan, maka situs tersebut akan langsung mengeluarkan data bank atau perusahaan pembiayaan mana saja disertai informasi bunga dan cicilan per bulannya. Dari situ anda tinggal memilih salah satunya dan menggali lebih mendalam di situs bank atau perusahaan pembiayaan yang bersangkutan.
  9. Pahami biaya-biaya apa saja yang harus anda bayar. Jika ada tambahan biaya dikemudian hari, anda bisa langsung mengajukan keberatan. (Baca juga: Tips Aman Gadai BPKB Mobil)
  10. Pahami juga aturan-aturan yang berlaku, seperti bunga yang berlaku untuk tenor yang anda inginkan, pinalti yang harus anda bayar ketika anda terlambat melakukan cicilan, pinalti yang harus anda bayar ketika melakukan pelunasan di awal waktu dan sebagainya.
  11. Ketika anda melakukan pembicaraan lewat telepon, biasanya perusahaan akan merekam pembicaraan anda. Jadi anda harus hati-hati dan mengerti benar apa yang dibicarakan oleh petugas. Karena jika anda terjebak untuk mengatakan ya pada aturan yang tidak anda mengerti, dan karenanya anda mendapat kesulitan di kemudian hari, maka rekaman perkataan anda tersebut akan dijadikan bukti persetujuan anda. (Baca juga : Simulasi Kredit Gadai BPKB Mobil)
  12. Ketika anda melakukan gadai, minta selalu bukti tanda terima untuk barang yang anda agunkan. Jangan mau menyerahkan dokumen asli diluar dokumen yang seharusnya.
  13. Ketika petugas resmi datang untuk melakukan survey, biasanya membawa surat tugas dari perusahaannya. Jika anda menjaminkan mobil, maka yang disurvey adalah mobilnya. Kalau mereka berniat melihat-lihat rumah anda, jangan dibiarkan. Kita tidak tahu niat dibalik itu semua.
  14. Pastikan anda membayar cicilan tepat waktu untuk menghindari denda.
  15. Bayarlah ditempat resmi yang sudah ditentukan. Jangan sekali-kali titip kepada petugas secara pribadi, karena kalau dia curang dan tidak menyetorkan cicilan anda maka anda yang rugi karena anda dianggap tidak membayar cicilan anda. (Baca juga: Gadai BPKB Mobil Avanza)

Demikian 14 tips yang bisa anda gunakan sebagai acuan ketika anda ingin meminjam uang yang aman. Kuncinya adalah selalu waspada. Ada beberapa cara orang menipu, tentu anda heran kok orang mau ngasih pinjaman tapi menipu? Di jaman yang serba canggih dan informasi bisa diakses dimana saja, para penjahatpun pasti akan selalu memutar otak agar niat jahatnya bisa terlaksana dengan mudah. Dengan alasan menolong orang yang sedang membutuhkan uang, merekapun membuat situs palsu. Ada 2 jenis penipuan yang biasanya dilakukan di dunia maya yaitu:

  • Biaya dimuka. Ada beberapa penipu yang meminta uang untuk biaya yang dibayar dimuka agar proses berjalan lancar dan pinjaman cepat cair. Anda sekali-kali jangan percaya dan langsung membayarnya, ingat alasan kita meminjam uang karena sedang membutuhkan tambahan dana segar bukannya untuk membuang-buang uang. Biasanya mereka kabur setelah menerima uang dari kita, jadinya malah bukan mendapat pinjaman dana segar, tapi uang yang ditanganpun raib.
  • Pengumpulan Data. Data-data anda mereka dapatkan ketika anda mengisi formulir saat mengajukan pinjaman. Ketika data sudah mencapai kuota yang diinginkan oleh pembeli maka mereka akan menjualnya kepada pihak-pihak yang memerlukan seperti perusahaan asuransi. Jadi anda jangan heran jika anda akan mendapat banyak telepon-telepon penawaran berbagai macam produk.

Pada dasarnya sekali lagi  kami ingatkan, mengajukan pinjaman tidak ada salahnya asal bijak dalam menggunakannya dan membayar cicilan tepat waktu. Dan yang paling penting adalah selalu memilih perusahaan pembiayaan terpercaya seperti PT BFI Indonesia, untuk keterangan lebih lanjut, silakan klik disini, anda akan dibantu oleh petugas resmi yang profesional. Selamat mencoba.

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun