88 Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Super Cepat

Tentu tidak sedikit dari Anda yang memiliki keinginan untuk keluar dari pekerjaan Anda saat ini dan memulai bisnis Anda sendiri.  Memang menyenangkan untuk melihat bisnis yang kita miliki bertumbuh, terutama jika bisnis tersebut kemudian mampu berkembang menjadi salah satu yang diperhitungkan di tengah masyarakat. Namun satu pertanyaan mendasar kerap terlintas di benak kita ketika hendak memulai bisnis sendiri; modalnya darimana?

Pertanyaan ini memang kerap menjadi momok ketika kita hendak memulai usaha. Bahkan tidak jarang kita terpaksa mengurungkan niat untuk mulai berbisnis karena terbentur masalah modal usaha. Saya pun telah banyak melihat bagaimana teman-teman saya batal berbisnis karena tidak memiliki modal. Namun, tidak jarang pula saya menemukan orang-orang sukses yang justru mendapatkan modal usaha mereka dari hasil meminjam dari pihak lain, baik itu dari lembaga bank atau non-bank.

Solusi meminjam uang untuk modal usaha ini memang layak untuk menjadi pertimbangan Anda yang ingin memulai usaha namun kesulitan dalam mendapatkan modal usaha. Berikut saya jabarkan beberapa cara untuk mendapatkan pinjaman uang untuk modal usaha:

1. Meminjam dari keluarga atau teman dekat

Meminjam uang dari keluarga atau teman dekat memang kerap dijadikan sebagai solusi mudah oleh mereka yang tengah mencari modal usaha. Memang hal ini cukup mudah dilakukan karena kita sudah mengenal baik orang yang akan kita mintai bantuan. Kita cukup menemui anggota keluarga atau sahabat kita lalu mengutarakan maksud kita. Namun, hal yang harus diperhatikan tentunya adalah kemampuan finansial kerabat kita tersebut, karena tentu tidak baik untuk meminjam uang dari orang yang juga tengah memerlukan uang.

Hal berikutnya yang perlu kita perhatikan adalah cara kita dalam meminjam uang kepada kerabat kita, karena finansial merupakan masalah yang sangat sensitif. Banyak saudara yang berubah menjadi musuh bebuyutan karena masalah hutang piutang. Oleh karena itu, selain memperhatikan cara kita dalam mengajukan pinjaman, kita juga harus memastikan bahwa jumlah uang yang akan kita pinjam masih berada dalam jangkauan kemampuan finansial kita sendiri, sehingga kita dapat neyakinkan mereka bahwa kita mampu membayar pinjaman tersebut hingga lunas.

Satu hal yang menjadi keunggulan dari metode ini adalah bahwa kemungkinan besar kerabat kita tidak akan mengenakan bunga apapun terhadap pinjaman yang mereka berikan, sehingga hal ini tidak akan memberatkan kita dalam melunasi pinjaman yang kita ajukan. Namun, hal ini tidak bisa dijadikan acuan, karena terkadang ada juga orang yang tega mengenakan bungan pada pinjaman yang mereka berikan, bahkan kepada kerabat mereka sendiri.

2. Meminjam dari bank

Setiap bank tentu memiliki program pinjaman mereka masing-masing, dengan persyaratan yang berbeda-beda pula. Namun, secara garis besar, ada dua program yang dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan modal usaha:

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kini sudah banyak bank yang menawarkan program KUR untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program ini merupakan hasil inisiasi dari pemerintah untuk membantu masyarakat meningkatkan ekonomi mereka. Program pinjaman ini ditujukan untuk usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi yang ada di Indonesia.

Untuk mendapatkan program KUR tersebut, kita harus memastikan bahwa usaha kita termasuk ke dalam kelompok usaha produktif. Kemudian, kita harus menyiapkan berbagai dokumen yang diperlukan untuk kepentingan aplikasi pinjaman. Dalam hal ini, berbagai dokumen yang diperlukan termasuk KTP, kartu keluarga, surat keterangan domisili, akte pendirian usaha, ijin usaha (SIUP adn TDP), laporan keuangan, proposal bisnis, dan berbagai persyaratan lain yang berbeda-beda untuk masing-masing bank. Pihak bank kemudian akan menentukan apakah usaha kita layak untuk diberikan pinjaman atau tidak dengan melakukan survei langsung kepada usaha kita.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Tidak adanya syarat jaminan yang perlu diajukan oleh pemohon pinjaman menjadi salah satu faktor yang membuat program KTA ini menjadi favorit di tengah masyarakat. Banyak yang mengajukan pinjaman melalui program ini karena mereka tidak perlu menyertakan aset mereka untuk dapat mengajukan pinjaman. Hal ini tentunya sangat sesuai dengan kondisi orang-orang yang baru akan memulai bisnis, yang tentunya belum memiliki aset bisnis sama sekali.

Selain fitur utama yang telah disebutkan di atas, program KTA ini pun memiliki berbagai keunggulan, termasuk; proses pencairan pinjaman yang cepat (durasinya berbeda-beda untuk setiap bank), suku bunga yang ringan, kemudahan pembayaran (dapat dilakukan melalui ATM, transfer antar bank, dan auto debet), serta limit yang tinggi (mencapai Rp 300 juta).

Untuk dapat mengajukan pinjaman menggunakan program ini, kita diwajibkan untuk memenuhi beberap persyaratan, seperti memiliki minimum penghasilan Rp 5 juta per bulan, memiliki kartu kredit dengan minimum satu tahun kepemilikan, serta menyerahkan berbagai dokumen yang diperlukan seperti fotokopi KTP/paspor, fotokopi rekening koran, fotokopi kartu kredit, fotokopi NPWP, dan slip gaji.

3. Meminjam dari koperasi simpan pinjam

Koperasi merupakan salah satu tempat favorit masyarakat untuk mendapatkan uang pinjaman. Prinsip dasar koperasi, yaitu gotong royong dan kekeluargaan, dipercaya telah menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat untuk mendatangi lembaga tersebut dan mengajukan pinjaman. Meskipun secara umum koperasi hanya melayani keperluan simpan pinjam para aggotanya, lembaga tersebut juga bisa melayani mereka yang bukan merupakan anggota koperasi, dengan syarat mereka mengajukan diri menjadi anggota koperasi pada saat sedang mengajukan pinjaman di lembaga tersebut.

Persyaratan untuk mendaftar menjadi anggota koperasi pun cukup mudah. Syarat yang paling utama adalah kita harus bersedia untuk membayar simpanan pokok dan simpanan wajib sesuai ketentuan koperasi tersebut. Kita juga harus menyetujui Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, serta ketentuan-ketentuan lain yang berlaku di koperasi tersebut.

Setelah berstatus sebagai calon anggota, kita baru bisa mengajukan pinjaman kepada koperasi. Kita hanya perlu untuk mengisi formulir pinjaman serta menyerahkan berbagai dokumen yang diperlukan, seperti KTP suami istri bisa telah menikah, fotokopi kartu keluarga, rekening listrik, slip gaji, dan agunan. Setelah pengajuan kita disetujui oleh pihak koperasi, petugas koperasi pun akan menjelaskan mengenai prosedur pencairan pinjaman dan durasi pengembalian pinjaman, serta ketentuan-ketentuan lainnya yang berlaku pada pinjaman yang kita ajukan.

4. Menggadaikan berbagai barang di Pegadaian

Pegadaian merupakan salah satu lembaga pemerintah yang melayani pemberian kredit kepada masyarakat menggunakan prinsip hukum gadai. Terdapat berbagai produk kredit yang disediakan oleh PT. Pegadaian, diantaranya KCA (Kredit Cepat dan Aman), KRASIDA (Kredit dengan Sistem Gadai), KREASI (Kredit Angsuran Sistem Fidusia), KRISTA (Kredit Angsuran Rumah Tangga), KREMADA (Kredit Perumahan Rakyat), KAGUM (Kredit Aneka Guna untuk Umum), KJTG (Kredit Tunda Jual Gabah), dan MULIA.

Untuk memulai usaha, produk yang sebaiknya Anda ambil adalah KRASIDA dan KREASI. Keunggulan kedua produk ini adalah prosedur pencairan pinjaman yang cukup cepat, bunga pinjaman yang kecil dengan sistem angsuran tetap, serta dapat dilunasi kapanpun dengan pemberian diskon untuk bunga pinjaman. Yang membedakan kedua produk tersebut adalah jenis agunan yang diserahkan serta jangka waktu pinjaman. Bila menggunakan produk KRASIDA, kita diharuskan menyertakan agunan berupa emas atau mobil, sementara bila kita menggunakan produk KREASI, kita hanya diharuskan untuk menyerahkan BPKB mobil sebagai agunan. Mengenai durasi pinjaman, produk KREASI menawarkan jangka waktu yang lebih lama dibandingkan dengan produk KRASIDA.

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman di Pegadaian pun tergolong mudah. Kita hanya diharuskan menyerahkan berbagai dokumen yang diperlukan, termasuk fotokopi KTP, kartu keluarga, surat keterangan usaha dari kelurahan, serta surat pendukung lainnya yang dibutuhkan. Kita juga diharuskan untuk menyerahkan agunan kepada pihak Pegadaian.

5. Menggadaikan BPKB mobil

Cara ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan uang pinjaman yang kita perlukan. Bila Anda memiliki mobil dan kesulitan untuk mendanai usaha Anda, maka saya sarankan Anda untuk mulai mendatangi lembaga yang bisa memberikan pinjaman dengan syarat yang mudah dan bunga yang ringan dengan menggunakan BPKB mobil Anda sebagai agunan. Salah satu lembaga yang saya rekomendasikan adalah PT. BFI Finance Indonesia Tbk, yang merupakan salah satu lembaga peminjaman terkemuka di Indonesia. Hal ini diperkuat oleh pencapaian perusahaan tersebut yang dinobatkan sebagai perusahaan pembiayaan terbaik no. 1 pada tahun 2012 oleh majalah Infobank.

Salah satu keunggulan dari PT. BFI Finance Indonesia adalah pengalaman yang mumpuni serta kualitas pelayanan, dengan tim serta sistem yang telah berjalan selama lebih dari 32 tahun. Beberapa keunggulan BFI Finance antara lain; jangka waktu kredit yang cukup panjang, plafon pinjaman yang bervariasi, serta proses pencairan pinjaman yang cepat. Untuk agunan berupa BPKB mobil, pinjaman dapat diproses dan dicairkan dalam jangka waktu satu hari saja.

Mobil yang dapat dijadikan agunan untuk aplikasi peminjaman adalah mobil keluaran mulai tahun 2003 ke atas. Jenis mobil yang dapat dijadikan agunan antara lain sedan, minibus, jeep, pick up, truk, dan tronton. BPKB yang dijadikan agunan akan diasuransikan sehingga BPKB tersebut berada dalam kondisi yang aman. Selain itu, kita juga masih diperbolehkan untuk menggunakan mobil yang kita jadikan agunan.

Bila Anda tertarik untuk menggadaikan BPKB mobil Anda di BFI Finance, Anda hanya perlu untuk menyerahkan berbagai dokumen yang diperlukan, seperti KTP suami dan istri (bagi yang sudah menikah), KTP orang tua (bagi yang belum menikah), kartu keluarga, rekening listrik/PBB, rekening koran selama 3 bulan terakhir, BPKB, serta slip gaji (bagi pekerja) atau SKU (bagi wiraswasta). Untuk mulai mengajukan pinjaman, Anda dapat langsung mendatangi gerai PT BFI Finance Indonesia Tbk yang tersebar di seluruh Indonesia.

Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencari pinjaman bagi usaha Anda. Cara manapun yang kita pilih, yang terpenting adalah komitmen kita untuk melunasi pinjaman tersebut sehingga kita dapat menjaga hubungan baik dengan sang pemberi pinjaman.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun