Gadai BPKB Mobil Belum Balik Nama Paling Mudah

Ketika anggota keluarga anda sudah bertambah dan kendaraan roda dua sudah tidak memungkinkan untuk digunakan jika ingin pergi bersama-sama, saatnya anda memutuskan untuk membeli mobil. Saat ini banyak city car yang dijual dibawah 200 juta, yang bisa anda pilih namun jika dana anda tidak cukup maka tidak ada salahnya anda membeli mobil bekas.

Baca juga:

Harga mobil bekas memang jauh lebih murah, anda bisa memilih yang dibawah 100 juta bahkan ada yang dibawah 50 juta tergantung mobil bekas yang anda pilih. Yang wajib anda pertimbangkan adalah periksalah keadaan mesin dan fisik mobil bekas yang anda pilih, jangan sampai setelah anda membelinya malah anda harus tekor karena harus terus memperbaiki mobil tersebut.  Selain itu anda juga harus memeriksa kesamaan data antara fisik dan surat-surat kepemilikannya.

Baca juga:

Setelah anda menjatuhkan pilihan, saatnya anda bertransaksi dengan pemilik mobil. Pastikan surat-surat kepemilikannya asli dan atas nama si penjual. Mintalah kwitansi atau tanda terima pembayaran dengan menggunakan materai  6000. Ketika proses transaksi selesai, anda belum boleh lega karena walau mobil itu sudah menjadi milik anda namun nama di STNK dan BKPB masih atas nama pemilik lama. Anda disarankan untuk segera balik nama, karena jika tidak maka akan repot kalau anda akan membayar pajaknya kelak.

Baca juga:

Sebelum anda melakukan proses balik nama, ada beberapa dokumen yang harus anda siapkan yaitu:

  • Photo copy KTP anda
  • STNK asli dan photo copy
  • BPKB asli dan photo copy
  • Kuitansi atau bukti sah jual beli dengan materai 6.000

Cukup hanya dengan dokumen tersebut diatas, bawalah kendaraan yang akan dibalik-namakan ke kantor Samsat terdekat.  Berikut tahap yang harus anda ikuti:

  1. Kendaraan anda akan diperiksa antara fisik dengan surat-surat kepemilikannya dan jika sudah sesuai maka anda akan diberi formulir untuk pengisian data yang sesuai dengan STNK oleh petugas.
  2. Tahap selanjutnya anda menyerahkan formulir tersebut beserta STNK aslinya. Anda harus ingat nama penjual mobil anda, karena petugas akan memanggil nama tersebut.
  3. Setelah itu anda akan diminta menyerahkan formulir permintaan balik nama, formulir cek fisik, photo copy STNK, photo copy BKPB, BPKB asli, KTP anda dan bukti penjualan.
  4. Selanjutnya anda tinggal mengikuti petunjuk dari petugas loket untuk menuju loket selanjutnya hingga pembayaran.
  5. Jika pembayaran sudah selesai, maka STNK dengan nama baru akan diberikan kepada anda.
  6. Sekarang saatnya anda menuju Polda setempat untuk mengurus balik nama di BPKB. Siapkan BPKB asli dan photo copy, photo copy STNK baru, photo copy KTP, photo copy cek fisik, photo copy surat jual beli.
  7. Anda akan diminta mengambil formulir yang kemudian diserahkan bersama persyaratan-persyaratan yang anda bawa kepada petugas, setelah itu anda akan diminta membayar dan kemudian menyerahkan bukti pembayarannya.
  8. Langkah terakhir anda akan dipanggil untuk mengambil surat pengambilan BPKB baru. Biasanya memerlukan waktu 2 minggu.

Demikian langkah-langkah untuk balik nama STNK dan BPKB, agak ribet ya. Nah sekarang bagaimana jika anda ingin membeli mobil namun juga perlu dana segar untuk modal? Caranya gampang sekali, anda beli saja mobil bekas dan gadai BPKB mobil belum balik mana atau mobil bekas anda tersebut sekaligus proses balik nama di PT BFI Finance Indonesia. Silakan anda kunjungi web resmi marketing PT BFI di www. gadaibpkb.co.id. Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu, silakan telepon atau menghubungi kami. Detail kontaknya bisa anda temukan di beranda web kami. Good Luck!

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun