Cara Gadai BPKB Mobil Syariah Paling Mudah

Kata syariah sudah tidak asing lagi ditelinga kita, apalagi akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan bank-bank yang berbasis syariah. Di Indonesia yang 90% penduduknya adalah muslim, tentu hal ini merupakan angin segar. Namun tahukah anda apa itu bank syariah? Bank syariah adalah bank yang dalam menjalankan kegiatannya berdasarkan hukum-hukum  islam yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Terutama dalam hal riba, bank syariah tidak menetapkan bunga dan tidak memberikan bunga pada nasabahnya. Kalau begitu, adakah fasilitas gadai di bank syariah? Tentu saja ada, gadai BPKB mobil syariah sesuai dengan hukum-hukum islam bisa dilakukan di bank syariah.

Baca juga : Gadai Riba atau Tidak

Rahn adalah istilah gadai dalam hukum islam yang  sering digunakan di bank syariah atau pegadaian syariah atau lembaga keuangan lain yang berbasis syariah. Rahn sendiri artinya adalah suatu barang yang dijadikan agunan dan bersifat mengikat. Dalam hukum syariah, ketika mengadakan perjanjian harus jelas dan transparan, oleh karena itu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi baik oleh calon nasabah maupun calon pemberi pinjaman. Adapun syaratnya adalah terpenuhi rukun dan sah sesuai syariah, berikut adalah Rukun yang  harus dipenuhi:

  • Ada orang yang menggadaikan barang (nasabah) atau disebut ar-rahn atau rahin
  • Ada barang yang menjadi jaminan atau disebut marhun
  • Ada orang yang menerima jaminan atau pemberi modal yang disebut murtahin
  • Ada harga dan sifat akad rahn (akad adalah perjanjian atanra ar-rahn dan murtahin)

Sedangkan syarat sahnya adalah:

  • Orang yang melaksanakan akad harus berakal
  • Orang yang melaksanakan akad harus sudah dewasa atau baligh
  • Barang yang dijadikan jaminan harus ada saat melaksanakan akad dan akan diterima oleh murtahin atau yang menjadi wakilnya.
  • Adanya ijab Kabul (Ijab : dilakukan oleh murtahin untuk melakukan perjanjian, Kabul : dilakukan oleh rahin untuk menerima perjanjian)

Karena lembaga keuangan syariah sangat dilarang membebankan bunga pada rahin atau ar-rahn atau nasabanya, maka dalam melakukan transaksi ada beberapa metoda yang diambil yaitu:

  • AL MUDHARABAH

Perjanjian antara shahibul mal dan pengelola dana dalam suatu perdagangan, dimana shahibul mal menyediakan seluruh dana yang akan dikelola oleh pengelola. Apabila terjadi kerugian maka akan ditanggung oleh shahibul mal selama kerugian itu bukan disebabkan oleh kelalaian pengelola dana. Mudharabah ada dua yaitu mudharabah muthlaqah dimana kerjasama ini tidak terbatas oleh waktu, jenis usaha dan daerah dimana bisnis akan dijalankan, yang kedua adalah mudharabah muqayyah yang merupakan kebalikan dari mudharabah muthlaqah, dimana kerjasamanya dibatasi oleh waktu, jenis usaha dan daerah dimana melakukan bisnisnya.

  • AL MURABAHAH

Perjanjian antara rahin dan murtahin  berdasarkan keuntungan dari barang  yang menjadi objek perdagangan. Misalkan si A akan membeli mobil dengan harga 150 juta, bank syariah B mengharapkan keuntungan sebanyak 5 juta dari motor tersebut selama 2 tahun, maka si A harus membayar sebanyak 155 juta selama 2 tahun kepada bank syariah B

  • AL MUSYARAKAH

Perjanjian antara kedua belah  pihak, dimana ke dua belah pihak sama-sama menyediakan dana, sedangkan keuntungan dan kerugian akan ditanggung bersama sesuai dengan perjanjian awal.

Baca juga :

Setelah anda tahu tentang apa itu syariah dan anda ingin menggadaikan BPKB mobil anda di lembaga keuangan syariah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yang pada umumnya sama dengan ketika anda akan menggadaikan BPKB mobil di lembaga keuangan konvensional, yaitu:

  1. Photo copy KTP
  2. Photo copy kartu keluarga bagi yang sudah menikah
  3. Photo copy STNK
  4. BPKB asli
  5. Barang yang akan digadaikan

Baca juga:

Jika anda sudah siapkan syarat-syaratnya, maka anda tinggal berangkat menuju lembaga keuangan syariah yang anda pilih, cara-cara pada umumnya adalah:

  • Mengisi formulir yang sudah disediakan
  • Anda akan diberitahu berapa biaya-biaya yang harus anda keluarkan sesuai dengan pinjaman yang anda ajukan. Terutama adalah harga sewa atau ijarah yang harus anda bayar setiap bulannya.
  • Sesuai dengan aturan syariah, lama pinjaman adalah 4 bulan, namun jika anda merasa tidak mampu menyelesaikannya dalam 4 bulan, maka bisa diperpanjang kemudian dengan perhitungan ijarah baru.
  • Jika sudah oke, anda bisa menyerahkan dokumen yang diperlukan
  • Seiring berjalannya waktu dan perkembangan lembaga keuangan, persaingan semakin ketat sehingga proses pinjaman semakin cepat. Bahkan PT Pegadaian Syariah mengklaim hanya membutuhkan waktu 15 menit saja dan dana anda sudah cair ke rekening anda

Baca juga :

Walau anda terburu-buru untuk mendapatkan dana tersebut, namun tetap harus diingat beberapa hal dibawah ini:

  • Carilah lembaga keuangan syariah yang terpercaya, seiring dengan tumbuhnya bisnis lembaga keuangan berbasis syariah yang terus berkembang, banyak sekali oknum-oknum yang memanfaatkan peluang ini untuk berbuat jahat dengan membuat lembaga keuangan syariah abal-abal. Kunci utamanya adalah kenali dan yakini terlebih dahulu sebelum anda bertransaksi
  • Plafon pinjaman yang tinggi, seperti misalnya di PT Pegadaian Syariah yaitu antara 50 ribu hingga 200 juta rupiah, jangan membuat anda meminjam melebihi dari yang anda telah rencanakan. Ingat! Anda harus mengembalikan semuanya dalam 4 bulan saja beserta ijarah dan biaya-biaya lainnya.
  • Surveylah terlebih dahulu tempat dimana mobil anda akan disimpan selama 4 bulan ini. Jangan sampai mobil anda ditempatkan ditempat sembarangan yang nantinya hanya akan merusak mobil kesayangan anda tersebut.

Demikian sekilas tentang gadai BPKB mobil syariah, untuk keterangan lebih lanjut dan detil, silakan hubungi customer service lembaga keuangan syariah yang anda inginkan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun