Gadai BPKB Mobil Tanpa Cek Fisik Paling Mudah

Bagi anda yang akan menggadaikan BPKB mobilnya karena membutuhkan dana, maka anda harus mengetahui bahwa pihak pemberi pinjaman yang resmi dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) akan melakukan cek fisik atau disebut juga survei. Manfaat survey ini cukup banyak baik bagi calon nasabah maupun bagi pihak pemberi pinjaman.

Baca juga:

Jika anda menggadaikan BPKB mobil anda namun tanpa cek fisik, maka anda wajib curiga akan perusahaan tersebut. Lebih baik anda cek lagi, apakah pihak pemberi pinjaman yang anda pilih tersebut merupakan sebuah lembaga keuangan yang resmi dan telah terdaftar di OJK. Mengapa harus terdaftar di OJK? Karena OJK adalah lembaga indepent yang berfungsi, bertugas dan mempunyai wewenang mengatur, mengawasi, memeriksa dan menyelidiki kegiatan jasa keuangan di Indonesia.

Baca juga:

Oleh karena itu, jika lembaga keuangan yang anda pilih sudah terdaftar di OJK, maka anda tidak usah khawatir karena semua kegiatan usahanya akan diawasi oleh OJK, sehingga lembaga keuangan tersebut kemungkinannya kecil untuk berbuat curang.

Baca juga:

Nah sekarang pertanyaan anda adalah, mengapa setiap pengajuan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil harus dilakukan cek fisik? Pada dasarnya cek fisik bertujuan untuk mendapatkan informasi  obyektif dari nasabahnya secara langsung. Ada beberapa manfaat cek fisik baik bagi nasabah maupun pihak pemberi pinjaman, ini dia uraiannya:

Bagi nasabah

  • Anda bertemu langsung dengan petugas yang akan mengurus pinjaman anda
  • Anda bisa bertanya apa saja pada petugas. Faktor tempat akan sangat menguntungkan karena dilakukan ditempat nasabah, sehingga nasabah merasa nyaman dan biasanya kalu sudah begini pertanyaan-pertanyaanpun akan lebih banyak yang muncul
  • Mengenal secara pribadi pihak pemberi pinjaman melalui pegawainya

Bagi pihak pemberi pinjaman

  • Mengetahui kelayakan nasabah secara langsung
  • Dengan cek fisik maka pihak pemberi pinjaman dapat menganalisa 5C (capital, character, condition, capacity, collateral) dari nasabahnya
  • Memberikan dampak psikologis yang baik bagi calon nasabah, karena dapat bertemu muka dengan pihak pemberi pinjaman

Cek fisik ini, wajib hukumnya bagi setiap pengajuan pinjaman di setiap lembaga keuangan yang resmi dan terdaftar di OJK. Agar penilaian dan analisa lebih efektif maka dibuat standar untuk cek fisik yaitu 5C, berikut ulasannya:

Capital

Bertujuan untuk mengetahui kondisi keuangan dari nasabah dan itu bisa dilihat dari penghasilanya.

Caracter

Karakter seorang nasabah bisa dilihat dari rumah dan lingkungan dimana dia tinggal dan bekerja. Penilaian karakter ini bisa dijadikan salah satu penilaian, apakah seorang nasabah mempunyai tanggung jawab untuk memenuhi kewajibannya.

Capacity

Kapasitas kemampuan nasabah akan dinilai dari pendapatan dan semua pengeluaran setiap bulannya.  Jika masih ada sisa dan cukup untuk membayar cicilan, maka kemampuan nasabah dianggap bagus

Condition

Kondisi dari calon nasabah merupakan salah satu penilaian yang penting ketika calon nasabah mengajukan pinjaman. Kondisi ini bisa berupa keadaan fisik dan psikis dari calon nasabah saat ini. Sebagai contoh, jika anda sedang mempunyai masalah di rumah tangga anda, maka ini dapat berpengaruh pada penilaian kondisi anda.

Collateral

Kolateral adalah pengecekan keabsahan dokumen kepemilikan kendaraan anda, serta mencocokkan persamaan data antara dokumen kepemilikan dengan fisik mobil, seperti nomor rangka, nomor mesin dan nomor polisi.

Itulah 5C yang akan menjadi landasan bagi lembaga keuangan pemberi pinjaman dalam menilai nasabahnya. Sebagai perusahaan pembiayaan yang terpercaya dan sudah terdaftar di OJK, BFI Finance tentu saja melakukan survei kepada calon nasabahnya.

Baca juga : Pinjaman Dana Tunai  di Pegadaian

Namun untuk kenyamanan calon nasabah, waktu survei sangat fleksibel tergantung dari calon nasabah. Anda bisa menentukan kapan saja cek fisik akan dilaksanakan, tapi wajib anda ketahui semakin lama anda melakukan cek fisik maka akan semakin lama juga pengajuan pinjaman anda diproses.

Baca juga: Gadai BPKB Cepat

Jika anda masih bingung anda bisa mengunjungi gadaibpkb.co.id sebagai web resmi dari BFI Finance. Gadai BPKB mobil tanpa cek fisik dengan konsultasi langsung dengan pegawai professional kami untuk mendapatkan jawaban-jawaban yang memuaskan dari pegawai terlatih PT BFI Finance.

Good luck!

Baca juga:

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun