Hukum Gadai BPKB Kendaraan

Apakah diantara kalian sering melihat spanduk/ baliho/ pamflet atau bahkan pesan sms “Gadai BPKB” untuk memperoleh kredit. Yang menjadi jaminan adalah BPKB mobil atau sepeda motor, sedangkan motor atau mobil tetap menjadi pemilik kendaraan tersebut. Lantas, bagaimana hukum gadai itu?

Ada kiasan  yang menyebutkan ‘Sekolahkan BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor).’  Itu adalah jargon orang-orang yang ingin menggaidakan BPKB mereka. Apalagi sekarang marak jasa pegadaian yang dikelola partikelir dengan syarat BPKB itu tadi.

Sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan nan kepepet tersebut, BPKB itu dipersonifikasikan sebagai alat barter untuk jaminan jumlah nominal yang dipinjam. Namun begitu, pinjaman tersebut tidak gratis karena pengguna juga tetap dilabeli dengan interset atau bunga. Nah, hal tersebut dibutuhkan perantara, sebagai penghubung dan penyuplai prosesi peminjaman. dengan proses yang cepat dan syarat yang tidak rumit, sederhana bukan?

Adapun tanpa perantara juga tidak masaalah, semisal meminjam dari kerabat atau orang terdekat yang bisa diponjami. Namun pada waktu usaha itu gagal, kebanyakan berpaling ke jasa finance. kita harus memerhatikan dahulu apa itu dasar hukumnya, tentunya yang valid, lalu berapa bunga atau interestnya, jangka pelunasan, juga diperhatikan pula akan seberapa besar pendapatan kita dan besar angsurannya, sehingga kita sanggup membayarnya tanpa menunda-nunda.

Tidak perlu kawatir terkait kondisi lapangan, seperti angsuran yang telat, debt collector dan kejadian mendadak lainnya. Kita mesti tahu dulu hukum pegadaian ketika mengalami situasi seperti ini.

Polisi tidak mengurusi hutang piutang oleh nasabah ke pihak finance

Hal yang pertama yang perlu diperhatikan adalah kewengan kepolisian. Perhatikan, pihak polisi tidak akan tau menau soal utang piutang, tak ada satu pun hukum yang membolehkan polisi mengurus utang. Aturannya jelas dan tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 2/2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dalam pasal 5 huruf h tertulis “anggota polisi dilarang menjadi penagih piutang atau pelindung orang yang punya utang.

Nah, terkait hal diatas, pihak nasabah tidak perlu kawatir jika ada oknum polisi abal-abal yang menagih soal hutang. Pihak polisi juga tidak langsung menaggapi jika ada masalah hutang dan agunan yang dilaporkan oleh nasabah apabila ada permasalahan di pihak finance.

Sebagai penegas lagi, polisi tidak akan mengurusi persoalan yang menyangkut kajian atau kasus perdata. Hal tersebut makin menegaskan polisi tidak diijinkan ikut campur masalah dalam dunia perkreditan. Namun beda permasalahan, semisal ada permasalahan khusu Semisal ada kasus yang melibatkan kasus sengketa kendaraan dengan persetujuan pengadilan dan dengan surat perintah pihak kepolisian.

Jaminan fidusia

Fedusia itu apa sih? Yang dimaksud jaminan fidusia adalah mereka yang menjaminkan motor (benda bergerak) tapi hanya menyerahkan surat-suratnya saja (BPKB) tanpa perlu menyerahkan motornya secara fisik.

Sistem operasional jaminan dengan fedusia diatur dalam UU No 4/1996 tentang Hak Tanggungan yang dimiliki Penerima Fidusia. Konklusinya, pemberi utang berhak dinomor satukan terhadap kendaraan tersebut jika di kemudian hari si pengutang gagal lunasi pinjamannya. Bilamana mengerti akan aturan hukum akan fedusia ini dan jaminan perlindungan hukum, perhatikan dulu  apakah dalam mengajukan utang-piutang itu dilengkapi dengan jaminan fidusia.  

Si pengutang berhak untuk tetap memakai motor yang jadi jaminan. sebagai pengetahuan pula, pihak yang memberi hutang bisa saja mendapatkan kendaraan apabila cicilannya tidak sesuai ataupun tidak bisa melunasinya.

Seperti yang kita ketahui, manusia adalah makhluk sosial yang gemar berinteraksi dengan sekitarnya. Manusia juga dituduh sebagai makhluk yang tidak pernah puas akan apa yang diraihnya. Dengan perkembangan jaman pula, manusia juga bakal menginginkan yang lebih akan kebutuhan mereka. Dengan adanya pihak finance, kebutuhan akan tepenuhi, dengan kecerdasan yang kita miliki pula, kita bisa memilih finance mana yang baik, dan kita yang mengerti akan hukum, juga tidak akan kena resiko yang buruk di masa depan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
gadai bpkb online
Oleh :
Kategori : Produk Layanan
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun