15 Kelebihan dan Kelemahan Gadai

Sebelum membahas kelebihan dan kelemahan gadai, wajib anda ketahui bahwa sebenarnya ada dua istilah ketika kita mengajukan pinjaman dengan jaminan, yaitu gadai dan fidusia. Kata gadai pasti sudah sangat familiar di telinga anda, namun mungkin kata fidusia masih asing. Nah agar anda tidak bingung, saatnya anda mengetahui apa perbedaan keduanya, tanpa buang-buang waktu ini dia uraiannya.

Gadai

Adalah hak yang diperoleh pemberi pinjaman atas barang bergerak yang dijadikan jaminan oleh penerima pinjaman secara fisik. Pemberi jaminan juga mempunyai hak untuk menjual barang jaminan tersebut dengan sepengetahuan penerima pinjaman, untuk melunasi hutang yang tersisa setelah dipotong biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memelihara barang jaminan tersebut dan juga biaya-biaya lain yang timbul ketika menjual barang tersebut. Penerima pinjaman akan menerima sisa uang penjualan setelah dipotong biaya-biaya dan pelunasan hutangnya.

Gadai ini berlandaskan hukum pasal 1150 sampai dengan 1160 Kitab Undang-undang Hukum Perdata.

Fidusia

Adalah pengalihan hak kepemilikan atas benda bergerak milik penerima pinjaman kepada pemberi pinjaman, sedangkan fisik barang masih didalam kekuasaan penerima pinjaman. Namun pihak penerima pinjaman tidak boleh mengalihkan barang jaminan kepada pihak lain.

Fidusia mempunyai landasan hukum Undang-undang no 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia dan Peraturan Pemerintah no 86 tahun 2000 tentang tata cara pendaftaran jaminan fidusia.

Setelah tahu perbedaan antara gadai dan fidusia, saatnya anda mengetahui kelebihan dan kelemahannya, uraiannya adalah sebagai berikut.

Kelebihan

  1. Syarat-syaratnya mudah dan ringan
  2. Cara mengajukan pinjaman sangat sederhana
  3. Tidak ada biaya provisi
  4. Tidak usah repot-repot membuka rekening
  5. Proses yang sangat cepat
  6. Berbagai macam barang yang bisa dijadikan jaminan
  7. Angsuran akan disesuaikan dengan kemampuan finansial anda
  8. Suku bunga ditetapkan dari awal
  9. Jangka waktu cicilan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan anda
  10. Tidak ada BI checking
  11. Plafond kredit biasanya lebih besar

Kelemahan

  1. Harus ada benda sebagai jaminan
  2. Besarnya pinjaman akan ditentukan oleh juru taksir berdasarkan data yang anda berikan dan dibuktikan oleh survey oleh perusahaan tersebut.
  3. Perusahaan pembiayaan berhak untuk menjual barang jaminan jika penerima pinjaman tidak memenuhi kewajibannya dalam kurun waktu yang sudah ditentukan dari awal perjanjian.
  4. Kelemahan bagi perusahaan pembiayaan adalah jika penerima pinjaman tidak jujur, banyak sekali kejadian nasabah mengalihkan barang jaminan kepada pihak ketiga

Itulah kelebihan dan kelemahan gadai dan fidusia, nah jika anda ingin mendapatkan kelebihan-kelebihan ketika mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil anda, caranya sangat mudah sekali

  • Kunjungi web resmi marketing PT BFI Finance Indonesia yaitu gadaibpkb.co.id
  • Sudah bukan rahasia lagi jika PT BFI Indonesia ini adalah sebuah perusahaan yang sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia sejak tahun 1982
  • Dengan 209 kantor cabang dan 96 gerai yang tersebar di 33 propinsi di Indonesia, akan membuat anda lebih mudah untuk bertransaksi
  • Suku bunga yang super duper ringan yaitu hanya 11% sampai dengan 12% pertahun
  • Anda bisa mengambil cicilan selama 6 bulan atau maksimal hingga 48 bulan untuk pinjaman anda.
  • Anda punya masalah dengan track record anda di bank? Tidak usah khawatir, kami tidak menggunakan BI checking
  • Bagi anda yang membutuhkan dana segar dalam jumlah yang besar, kami dengan senanga hati akan membantu anda karena kami memberikan pinjaman hingga 85% dari harga taksir mobil anda.
  • Kabar gembira lainnya lagi, anda akan menerima pinjaman secara utuh dari pengajuan yang di setujui, tanpa dipotong biaya provisi.
  • Syarat-syarat yang diminta pun sangat mudah, photo copy KTP, photo copy KK, slip gaji, bukti pembayaran PBB dan BPKB asli. Untuk lebih jelasnya bisa diklik disini.
  • Jika anda perlu dana segera, maka kami bisa memberikan pinjaman hanya 1X24 jam. Syaratnya adalah dokumen-dokumen yang diperlukan lengkap dan valid serta pelaksanaan survey bisa dilakukan segera.
  • gadaibpkb.co.id adalah web resmi dari marketing PT BFI Finance Indonesia, bukan pihak kedua sehingga anda akan bertransaksi langsung dengan PT BFI, bukan dengan perantara.
  • Jika bpkb mobil anda masih menjadi jaminan di bank atau perusahaan pembiayaan lain, kami bisa melakukan take over. Anda tinggal memberikan data-data yang komplit dan bukti cicilan anda selama ini, sisanya biarkan pegawai kami mengurusnya. Selisih hasil taksiran juru taksir kami berdasarkan survey dengan pelunasan kredit mobil anda di bank atau perusahaan pembiayaan lama anda, akan kami transfer ke rekening anda.
  • Kami juga melayani penjemputan data tanpa biaya tambahan, hal ini kami lakukan agar pinjaman anda segera diproses.
  • Jika anda tidak punya waktu untuk bisa segera melaksanakan survey, kami akan memberikan keleluasaan kepada anda. Namun harus anda ingat bahwa makin lama anda tidak melaksanakan survey maka pinjaman anda pun akan makin lama diprosesnya.

Wah banyak sekali kelebihan yang diberikan oleh gadaibpkb.co.id, anda tinggal mampir ke web’nya, mengisi formulir dan biarkan pegawai profesional yang sudah terlatih memproses data anda dan hanya dalam hitungan jam, akan segera menghubungi anda.

Baca juga:

Namun jika anda masih ragu untuk mengajukan pinjaman karena takut akan terlilit hutang yang tidak berakhir dan ujung-ujungnya dikejar debt collector, ini dia tips’nya

  • Tetapkan tujuan mengajukan pinjaman dari awal. Hindari hutang untuk keperluan konsumtif yang hanya ingin mengikuti gaya hidup mewah. Walaupun pengajuan pinjaman dan  peruntukkannya adalah hak anda, namun usahakan pengajuan pinjaman ini untuk memulai usaha atau mengembangkannya dan atau untuk berinvestasi.
  • Kenali kemampuan finansial anda. Hitung penghasilan anda dan istri anda jika sudah menikah, dari total penghasilan, idealnya hanya 30% anda boleh berhutang agar hidup anda tenang, tidak gali lobang tutup lobang.
  • Bayar cicilan anda tepat waktu. Jangan sekali-sekali anda menghindari membayar cicilan bulanan anda, karena hal ini akan berakibat makin menumpuknya hutang anda ditambah bunga dan denda.

Itulah ketiga tips yang harus anda selalu camkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Baca juga:

Pada intinya ketika anda memerlukan dana segar segera, jangan takut untuk mengajukan pinjaman selama anda yakin mampu membayar cicilan setiap bulannya. Good Luck!

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun