Perbedaan Gadai Syariah dan Konvensional Paling Mudah

Di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, kebutuhan akan perbankan berbasis syariah memang sangat diperlukan. Kita bisa lihat akhir-akhir ini semakin banyak berdiri bank-bank yang dalam menjalankan usahanya berdasarkan syariah. Selain bank-bank yang memang dari awal berdirinya syariah seperti Bank Muamalat, banyak juga  bank-bank konvensional yang turut meramaikan dunia perbankan syariah dengan mendirikan bank berbasis syariah seperti BRI Syariah, BCA Syariah, Bank Syariah Mandiri dan lain sebagainya. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang perbedaan gadai syariah dan konvensional, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu, apa itu perbedaan antara syariah dan konvensional di dunia perbankan ini.

Baca juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Uang

Berikut adalah dasar dari perbedaan antara bank syariah dan bank konvensional:

BANK SYARIAH

  1. Landasan hukum berdasarkan Al Quran, Hadits dan Fatwa Ulama
  2. Sistem operasinya berdasarkan bagi hasil seperti misalnya al mudharobah (bagi hasil), dan wadiah (titipan)
  3. Akad berdasarkan syariah, seperti contohnya jika investasi masyarakat diawal sudah ditetapkan sebagai al mudharobah, maka bank akan memberikan keuntungan sesuai dengan akad. Misalnya 80% untuk bank dan 20% untuk nasabah, atau sesuai kesepakatan yang sudah disepakati bersama. Namun jika dari awal akadnya wadiah, maka nasabah tidak akan mendapatkan apapun. Mereka hanya mendapatkan rasa nyaman karena uangnya tersimpan di tempat yang aman. Tetapi kadang-kadang bank akan memberikan bonus, tergantung kebijakan dari masing-masing bank.
  4. Dana masyarakat akan dianggap sebagai titipan yang harus dikelola sehingga menghasilkan laba, yang kelak akan dibagikan kepada bank dan nasabah sesuai dengan prosentasi yang sudah ditetapkan sejak awal
  5. Nasabah diperlakukan sebagai mitra, dan nasabah mempunyai hak untuk mengetahui penggunaan dananya.
  6. Keuntungan dan kerugian menjadi tanggungan pihak bank dan nasabah
  7. Adanya Dewan Pengawas Syariah, yang bertugas mengawasi penggunaan dana dari masyarakat agar tidak melenceng dari syariah. Dewan Pengawas Syariah ini terdiri dari para ulama dan ahli ekonomi yang mengerti betul hukum fiqih.
  8. Investasi hanya untuk usaha yang halal saja

BANK KONVENSIONAL

  1. Landasan hukum berdasarkan hukum positif
  2. Sistem operasi berdasarkan bunga
  3. Akad atau perjanjian berdasarkan hukum positif
  4. Dana dari masyarakat dianggap sebagai simpanan, dimana ketika jatuh tempo bunganya harus dibayar.
  5. Hubungan antara nasabah dan bank adalah kreditur dana debitur
  6. Keuntungan dan kerugian menjadi tanggungan pihak bank. Oleh karena itu pihak bank akan melakukan apa saja sekuat tenaga agar investasinya mendapat keuntungan.
  7. Tidak ada dewan pengawas
  8. Tidak ada batasan halal dan haram dalam berinventasi

Setelah kita tahu apa perbedaan bank konvensional dan syariah, maka akan lebih mudah bagi kita untuk membedakan antara gadai syarian dan gadai konvensional. Agar lebih jelas, mari kita bahas satu persatu :

GADAI SYARIAH

1. Ada beberapa jenis gadai dalam syariah yaitu :

  • RAHN adalah perjanjian gadai dalam syariah dimana barang yang diserahkan merupakan jaminan apabila rahin tidak bisa membayar hutangnya pada murtahin
  • BAI’AL MUQOYADDAH adalah perjanjian dimana jika rahin dibelikan suatu barang oleh murtahin sesuai dengan keinginan rahin. Kemudian dibuat kesepakatan untuk menentukan harga barang tersebut akan dinaikkan berapa persen, jika kedua belah pihak telah sepakat maka barang tersebut akan dijadikan jaminan oleh murtahin dengan menyimpan surat-surat kepemilikan barang, sedangkan fisik barang bisa digunakan oleh rahin secara ekonomis
  1. Seperti dilihat diatas, gadai syariah tidak menetapkan bunga dalam akadnya
  2. Murtahin menetapkan biaya sewa atau biaya pemeliharaan barang agunan setiap bulannya, dihitung berdasarkan nilai jaminan
  3. Pinjaman sesuai syariah yaitu 120 hari, jika rahin masih belum bisa melunasi maka bisa dinegosiasikan kembali dengan murtahin
  4. Jika keadaan mendesak maka murtahin diperbolehkan memindahkan barang yang dijadikan jaminan kepada murtahin dengan seizin dan sepengetahuan rahin
  5. Jika rahin tidak bisa membayar hutangnya, maka murtahin boleh menjual barang agunan dan hanya mengambil uang sesuai dengan sisa hutang rahin. Sedangkan kelebihan dari penjualan barang gadai harus dikembalikan kepada rahin.
  6. Tujuan peminjaman harus sesuatu hal yang tidak dilarang oleh agama Islam

GADAI KONVENSIONAL

  1. Konsep dasarnya adalah bunga dari pinjaman pokok. Perjanjian ini ditentukan dari awal ketika nasabah mengajukan pinjaman.
  2. Masa pengembalian sangat fleksibel mulai dari 6 bulan sampai dengan 48 bulan.
  3. Jika nasabah tidak bisa mengembalikan pinjaman sesuai dengan kesepakatan awal, maka pihak pemberi pinjaman bisa menjual atau melelang barang jaminan.
  4. Tujuan peminjaman dana boleh untuk apa saja, tidak ada batasan tertentu
  5. Gadai konvensional bisa dilakukan di bank konvensional atau perusahaan pembiayaan

Demikian perbedaaan gadai syariah dan gadai konvensional. Bagi anda yang berniat menggadaikan BPKB mobilnya, silakan memilih dan memilah. Tentu anda lebih tahu kebutuhan anda dibandingkan orang lain.

Baca juga:

Bagi anda yang perlu dana cepat, ada satu perusahaan pembiayaan yang bisa anda jadikan andalan sebagai tempat menggadaikan BPKB mobil anda yaitu gadaibpkb.co.id, banyak sekali kelebihannya diantaranya adalah:

  • Merupakan web resmi dari marketing PT BFI Indonesia
  • Perusahaan terpercaya dengan berbagai macam penghargaan. Anda dapat lihat
  • Syarat-syaratnya sangat mudah, anda bisa baca
  • Suku bunga yang ringan (baca juga : Gadai BPKB Mobil Bunga Rendah)
  • Masa pinjaman yang fleksibel
  • Dana pinjaman sampai dengan 85% dari barang agunan
  • Pelayanan yang ramah oleh para petugas resmi yang professional
  • Caranya sangat mudah, anda tinggal klik gadaibpkb.co.id kemudian isi form yang sudah tersedia dan ikuti petunjuknya
  • Anda juga bisa berkomunikasi langsung dengan petugas kami, silakan hubungi nomor telepon yang ada di halaman muka web kami

Setelah membaca artikel sekilas mengenai PT BFI Indonesia diatas, kami harap anda semakin yakin dan percaya bahwa kami adalah satu-satunya tempat gadai BPKB mobil terpercaya di Indonesia dan tidak akan ragu lagi untuk menghubungi kami segera. Kami tunggu!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun