Pinjaman Jaminan BPKB Mobil – Tips dan Keuntungan

Bukan mustahil jika suatu saat anda sangat memerlukan uang yang harus tersedia dalam waktu yang singkat, sementara pinjam ke saudara atau tetangga tidak ada yang bisa membantu. Jangan cemas, jika anda masih punya kendaraan bermotor misalnya mobil, maka anda bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil anda tersebut.

Baca juga : Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

Sebelum membahas lebih jauh tentang pinjaman dengan menggunakan jaminan BPKB mobil, seperti kita ketahui, ada 2 (dua) macam jenis pinjaman yaitu:

  1. Pinjaman tanpa agunan, atau lebih popular dengan sebutan KTA (kredit tanpa agunan) biasanya dilakukan oleh lembaga keuangan dengan syarat yang mudah namun beban bunganya tinggi (Baca juga : Pinjaman Uang Tanpa Agunan)
  2. Pinjaman dengan agunan, agunan atau jaminan bisa berupa tanah, rumah atau kendaraan bermotor. Karena memakai jaminan, biasanya bunganya lebih kompetitif. (Baca juga : Cara Meminjam Uang Tanpa Kartu Kredit)

Baca juga : Gadai BPKB Mobil di Bank BCA

Jika anda akan mengajukan kredit dengan menggunakan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) sebagai jaminan, maka anda harus  menyerahkan BPKB asli anda sebagai bukti kepemilikan kendaraan tersebut. BPKB ini bisa anda jadikan jaminan untuk pinjaman disebuah lembaga keuangan, baik itu bank atau non bank. Namun sebelum anda mengajukan pinjaman, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar anda tidak kecewa atau malah tertipu oleh lembaga keuangan abal-abal atau malah oleh oknum pegawainya.

Baca juga : Gadai BPKB Mobil Tanpa Survey

Berikut cara-cara dan tips bagaimana mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil agar aman dan nyaman:

  • Pilih lembaga keuangan baik itu bank atau non bank yang sudah terpercaya dan teruji keamanannya. Anda bisa mendatangi langsung lembaga keuangan tersebut, searching di internet, bertanya pada orang-orang terdekat anda yang sudah berpengalaman dalam mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil
  • Tanyakan keamanan penyimpanan BPKB mobil anda
  • Cermati betul syarat-syarat yang diajukan oleh pihak pemberi kredit, jangan sampai memberatkan anda dikemudian hari.
  • Hitung kembali dengan teliti, berapa bunga plus pokok yang harus anda bayar setiap bulannya. Dan jangan lupa juga tanyakan kapan jatuh tempo pembayaran, agar anda tidak kena denda.
  • Jangan sekali-sekali membayar cicilan anda melalui pegawai perorangan dari pihak pemberi kredit secara pribadi. Lebih baik anda membayar langsung ke kantor pemberi kredit yang dekat dengan rumah atau kantor anda. Atau bisa juga melalui bank, merchant atau kantor pos yang sudah bekerja sama dengan pihak pemberi kredit.
  • Sebaiknya hindari calo

Baca juga :

Mungkin ada pertanyaan di benak anda, mengapa harus menjaminkan BPKB mobil anda. Apa keuntungannya? Baik mari kita simak satu persatu alasan mengapa anda harus menjaminkan BPKB mobil anda:

  1. Cepat

Prosesnya cepat, maksimal dalam 3 (tiga) hari dana bisa cair ke rekening anda. Bahkan ada beberapa pemberi kredit yang menjamin bisa mencairkan dana dalam hitungan jam

  1. Mudah

Syarat yang diajukan mudah, karena dokumen-dokumen pendukungpun adalah dokumen-dokumen yang pasti dimiliki oleh setiap warga Negara yang baik

  1. Plafond kredit yang besar

Kredit yang akan diberikan biasanya berkisar dari 80% sampai dengan 85% dari harga taksiran kendaraan anda, tergantung dari pihak pemberi kredit

  1. Jangka waktu pengambilan kredit yang flexible

Jangka waktu pengambilan kredit yang fleksibel akan membantu anda menghitung besaran kemampuan pembayaran anda setiap bulannya. Biasanya tenggang waktu berkisar antara 1 – 4 tahun

  1. Bunga

Anda harus pandai-pandai mencari pemberi kredit dengan bunga rendah namun aman. Biasanya bunga yang diberikan berkisar antara 0.8% sampai dengan 1,5% perbulan

  1. Asuransi

Beberapa pemberi kredit mengasuransikan kendaraan yang diagunkan demi kenyamanan dan keamanan bagi kedua belah pihak

  1. Pembayaraan cicilan

Seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknnologi, saat ini untuk pembayaran cicilan bisa dilakukan diberbagai tempat, sehingga tidak ada alasan bagi debitur untuk tidak membayar cicilan bulanannya.

  1. Menerima semua jenis mobil

Pada umumnya lembaga keuangan pemberi kredit bisa menerima semua jenis kendaraan sebagai agunannya dengan syarat maksimal pada tahun tertentu.

  1. BI Checking

Bagi anda yang punya kisah kelam dengan bank, jangan khawatir. Pada umumnya pinjaman dengan jaminan BPKB mobil, tidak memerlukan BI checking

Nah setelah anda siap dan sudah menentukan dimana akan mengambil pinjaman, ada beberapa dokumen yang harus anda siapkan. Untuk perorangan, biasanya diperlukan dokumen sebagai berikut :

  • Photo copy KTP suami dan istri (jika sudah menikah)
  • Photo copy kartu keluarga
  • Photo copy kartu NPWP
  • Photo copy surat ijin mengemudi
  • Slip gaji 3 (tiga) bulan terakhir
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor asli

Untuk perusahaan memerlukan lebih banyak dokumen yaitu sebagai berikut:

  • Photo copy KTP pejabat yang berwenang
  • Photo copy akta pendirian dan perubahannya (jika ada perubahan)
  • Photo copy surat ijin usaha perdagangan (SIUP)
  • Photo copy tanda daftar perusahaan (TDP)
  • Photo copy nomor pokok wajib pajak (NPWP)
  • Photo copy rekening 3 (tiga) bulan terakhir
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor asli

Selain itu ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi yaitu:

  • Calon debitur berusia antara 21 tahun sampai dengan 55 tahun (masa masuk pensiun)
  • Mobil yang akan diagunkan biasanya paling tua berusia 5 (lima) tahun , atau tergantung kebijakan dari masing-masing pihak pemberi kredit
  • Pemohon adalah pemilik sah kendaraan yang akan diagunkan, dibuktikan dengan nama yang tercantum di BPKB sama dengan pemohon atau jika beda bisa dibuktikan dengan faktur pembelian yang sah.
  • Untuk karyawan, diharuskan telah bekerja minimal 2 (dua) tahun
  • Untuk perusahaan, bukti kredibilitas biasanya diminta melampirkan photo copy kontrak kerjasama atau kontrak pembelian.

Jika anda telah siap dengan dokumen-dokumen yang diperlukan dan memenuhi syarat yang diajukan oleh pihak pemberi kredit, maka anda tinggal mengajukan pinjaman dengan membawa kelengkapannya dan tunggu hingga dana anda masuk. Mudah bukan?

Baca juga : Cara Mendapatkan Pinjaman Uang – Butuh Dana Cepat

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun