7 Pinjaman Pribadi Non Bank Paling Terpercaya

Bank menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayarandan peredaran uang. Oleh karena itu masyarakat lebih mengenal bank sebagai lembaga keuangan yang menerima dan menyimpan serta meminjamkan uang.

Baca juga:

Namun anda harus tahu, bahwa lembaga keuangan yang meminjamkan uang bukan hanya bank, ada beberapa lembaga keuangan non bank yang juga bisa meminjamkan pinjaman kepada anda. Sebelum membahas tentang lembaganya mari kita bagi 2 jenis pinjaman pribadi, yaitu sebagai berikut:

Pinjaman Pribadi Tanpa Jaminan

Adalah sebuah pinjaman kepada individu  yang  tidak memerlukan jaminan. Biasanya pinjaman ini plafondnya tidak besar, tenornya pendek dan jaminannya lebih ke sistem kepercayaan kepada individu si peminjam.

Baca juga:

Ada beberapa cara pinjaman pribadi tanpa jaminan non bank yang bisa anda lakukan yaitu sebagai berikut:

1. Meminjam kepada orang tua, saudara atau tetangga

Ketika anda terdesak harusmencari pinjaman pribadi namun tidak punya jaminan, maka hal yang paling mudah adalah meminjam kepada orang tua, saudara atau tetangga terdekat. Namun walaupun meminjam kepada orang-orang terdekat, anda harus punya rencana bagaimana cara mengembalikannya. Diskusikanlah dengan si empunya dana, carilah jalan tengah yang baik dan enak bagi kedua belah pihak.

Baca juga: Pinjaman Online Langsung Cair

Lebih baik lagi jika anda membuat perjanjian tertulis dengan 2 orang saksi. Hal ini untuk menghindari terjadinya permusuhan yang akhirnya membuat hubungan persaudaraan putus, dan ingat anda sebagai peminjam harus menepati janji untuk membayar sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati kedua belah pihak.

Masih ingat kasus anak yang menggugat ibunya di Garut? Ya, itu gara-gara utang piutang antar kakak dan adik, yang akhirnya si pemberi pinjaman meminta si ibu untuk menanda-tangani surat piutang sebagai jaminan utang tersebut. Dan ujung-ujungnya ketika yang meminjamkan uang perlu uang tersebut dan si peminjam tidak kunjung membayar utangnya, maka si ibu sebagai penjamin utang tersebut dituntut ke pengadilan.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, sekali lagi sebagai peminjam anda harus menepati janji kapan harus melunasi pinjaman tersebut, jangan sampai ketika saat meminjam uang anda sampai mengemis-ngemis dan obral janji,namun ketika waktunya membayar anda susah dihubungi. Hal ini dapat memicu kasus seperti di  Garut akan terjadi.

2. Pinjam ke Kantor

Cara kedua yang paling ampuh adalah pinjam ke kantor. Biasanya kantor akan memberikan pinjaman jika anda tidak punya tunggakan. Kalau pinjam ke kantor, aman sih bagi kantor karena jaminannya adalah gaji anda setiap bulannya.

Baca juga: Pinjaman Dana Tunai Tanpa Kartu Kredit

Besarnya pinjaman biasanya tidak akan lebih dari setengah gaji anda, bisa saja pinjaman tersebut sebesar gaji anda dan namun anda harus melunasinya dalam jangka pendek misalnya 2 atau 3 kali cicilan.

3. Koperasi

Koperasi adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh masyarakat disuatu lingkungan tertentu, misalnya tempat tinggal, kantor, desa dan lain sebagainya. Tujuan didirikannya koperasi adalah untuk membantu anggotanya baik itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kebutuhan yang berkaitan dengan produksi maupun simpan pinjam.

Baca juga: Cara Meminjam Uang di Koperasi

Saat ini yang popular adalah koperasi simpan pinjam. Di koperasi ini, anggotanya bisa menyimpan dan meminjam uang. Dana dihimpun dari anggota berupa simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan sukarela.  Anda tidak usah memberikan jaminan jika akan meminjam uang di koperasi, simpanan anda disana akan lebih dari cukup sebagai jaminan anda.

4. Rentenir

Rentenir baik yang modern maupun yang tradisional, adalah salah satu sarana tempat meminjam uang yang harus dihindari ketika anda memerlukan pinjaman pribadi. Rentenir ini, selain sangat kejam dalam menerapkan bunga juga sangat kejam ketika andamenunggakpinjaman anda. Mereka tidak segan-segan akan mengambil barang-barang berharga anda, meskipun barang-barang tersebut bukan sebagai jaminan utang anda.

Baca juga: Cara Meminjam Uang Yang Aman

Pinjaman Pribadi Dengan Jaminan

Adalah pinjaman yang diberikan kepada individu dengan memberikan jaminan. Jaminan ini akan dinilai sebagai Dasar dari pinjaman yang akan diberikan. Adapun besarnya plafon biasanya sudah ditentukan oleh masing-masing perusahaan, umumnya bisa diberikan hingga 80% dari harga taksiran barang yang anda jadikan jaminan.

Oleh karena itu, semakin tinggi nilai barang yang anda jadikan jaminan, maka akan semakin tinggi juga pinjaman yang akan anda terima. Maka tidak ada salahnya jika ketika anda akan memberikan jaminan, tanyakan terlebih dahulu kepada petugas yang berwenang, agar jaminan anda berikan tidak terlalu besar atau terlalu kecil dari nilai taksir yang ada inginkan.

Adapun beberapa tempat yang bisa anda jadikan tempat untuk meminjam pinjaman pribadi non bank dengan menggunakan jaminan adalah sebagai berikut:

1. Perusahaan Pembiayaan

Perusahaan pembiayaan atau yang lebih popular disebut leasing adalah lembaga keuangan yang bisa meminjamkan uang baik secara pribadi maupun atas nama perusahaan. Lembaga ini biasanya meminta jaminan atas pinjaman yang diajukan yang biasanya berupa BPKB mobil. Saat ini banyak sekali perusahaan pembiayaan di Indonesia, anda sebagai calon nasabah harus hati-hati dalam memilihnya. Selain harus merupakan perusahaan pembiayaan terpercaya, juga harus sudah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

2. Pegadaian

PT Pegadaian Indonesia dengan jargon “menyelesaikan masalah tanpa masalah” terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan berbagai jenis pinjaman, calon nasabah dapat memilih jenis yang cocok dengan kondisinya masing-masing sehingga di harapkan tidak akan memberatkan calon nasabah. Saat ini selain Pegadaian konvensional, juga telah berdiri Pegadaian Syariah, yang khusus ditujukan kepada umat muslim yang ingin bertransaksi berdasarkan ajaran Islam.

Baca juga: Cara MeminjamUang di Pegadaian

3. Koperasi

Bagi beberapa koperasi yang telah berkembang dan mempunyai modal yang besarmaka biasanya mempunyai unit usaha pinjaman dengan menggunakan agunan. Namun tetap saja biasanya, koperasi ini akan mempunya isyarat agar si peminjam menjadi anggota terlebih dahulu.

Nah bedanya dengan yang tidakmemakai jaminan, pinjaman di koperasi dengan jaminan mempunyai plafon yang besar berdasarkan jaminan yang anda berikan.

Baca juga: Cara Meminjam Uang Untuk Modal Usaha

Jika anda memerlukan pinjaman pribadi dengan plafon besar, maka kami sarankan anda mengajukan pinjaman dengan jaminan. Dan jaminan yang paling mudah adalah mobil, carilah perusahaan yang hanya meminta jaminan BPKB mobilnya saja sehingga anda masih bisa menggunakan mobil tersebut untuk kegiatan anda sehari-hari.

Salah satu perusahaan pembiayaan paling terpercaya di Indonesia dan telah melayani masyarakat Indonesia sejak tahun 1982 adalah PT BFI Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan telah menerima berbagai penghargaan dari berbagai lembaga terkait, baik untuk individu maupun untuk perusahaan.

Bagi anda yang berniat mengajukan pinjaman pribadi, caranya sangat mudah. Anda tinggal kunjungi gadaibpkb.co.id dan isi formulir yang tersedia dengan lengkap dan benar, dan hanya dalam hitungan jam maka pegawai professional kami akanmenghubungi anda untuk proses lebih lanjut.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun