Syarat Akad Gadai Perlu Dipahami

Akad merupakan kata serapan dari bahasa Arab, yang berarti janji, perjanjian, kontrak (berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia). Ketika terjadi sebuah transaksi diantar dua belah pihak, maka transaksi ini akan sah oleh jika berakad. Begitu pula dengan transaksi gadai, akad akan dilaksanakan ketika kedua belah pihak sepakat untuk mengikatkan diri dalam transaksi tersebut. Agar akad ini sah dan mengikat secara hukum, ada beberapa syarat akad gadai yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak yang bertransaksi. Ini dia uraiannya

1. Adanya Ijab & Kabul yang jelas dan transparan

Ijab dan kabul adalah transaksi gadai antara pemberi gadai dan penerima gadai. Dalam transaksi gadai maka Ijab adalah jika ketika pihak penerima gadai sepakat untuk memberikan sejumlah uang kepada pemberi gadai. Kabul adalah jika ketika pemberi gadai setuju untuk memberikan barang jaminan kepada penerima gadai, sebagai jaminan untuk pinjaman sejumlah uang yang akan dia terima.

Ijab kabul ini harus dengan perjanjian yang jelas, detil dan tidak merugikan kedua belah pihak.

Baca juga: Dana Tunai Jaminan BPKB Mobil

2. Kedua belah pihak yang cukup umur & baligh

Hal ini biasanya dibuktikan dengan harus menyerahkan photo copy KTP sebagai bukti bahwa yang bertransaksi sudah cukup umur. (Baca juga: Manfaat Gadai BPKB Mobil)

3. Adanya barang jaminan

Jaminan ini harus berupa barang berharga, yang dapat dijual dalam kondisi umum. Biasanya berupa rumah, tanah, kendaraan bermotor atau emas. Barang ini harus dibuktikan kepemilikannya oleh pemberi gadai dan fisik barangnya pun harus ada. Oleh karena itu biasanya perusahaan pembiayaan melakukan survey untuk membuktikannya.

Barang jaminan ini hak kepemilikannya tetap berada di pemberi gadai, namun ketika pemberi gadai tidak bisa memenuhi kewajibannya dalam membayar utangnya maka penerima gadai berhak untuk menjual barang jaminan tersebut dengan sepengetahuan dari pemberi gadai. Dari penjualan barang jaminan tersebut, boleh dibayarkan utang yang belum terbayar dan jika ada sisanya, harus dikembalikan kepada pemberi gadai.

Baca juga: Solusi Pinjaman Dana Tunai Cepat

4. Adanya saksi dari kedua belah pihak

Hal ini sangat penting jika suatu saat terjadi perselisihan antara kedua belah pihak yang bertranksi. Saksi ini bisa menjadi penengah dan bersaksi tentang apa yang sebenernya sudah disepakati  oleh kedua belah pihak tersebut. Saksi-saksi ini dianjurkan adalah orang-orang yang dapat dipercaya dan tidak cacat hukum, sehingga kesaksiannya tidak akan diragukan.

Itulah ke empat syarat gadai yang harus dipenuhi ketika seseorang ingin menggadaikan barang berharganya. Satu hal yang penting dan wajib anda perhatikan adalah pilihan tempat untuk menggadaikan barang tersebut. Agar tidak kecewa pilihlah lembaga keuangan atau perusahaan pembiayaan yang terpercaya, agar proses pengajuan pinjaman anda lancar dan aman.

Baca juga: Pinjaman Dana Tunai Dengan Jaminan BPKB Mobil

Di Indonesia ada sebuah perusahaan pembiayaan yang terpercaya dan sangat berpengalaman dalam hal gadai terutama gadai BPKB mobil, siapa yang tidak kenal PT BFI Finance Indonesia, perusahaan pembiayaan yang berdiri sejak tahun 1982 ini telah mempunya 209 kantor cabang dan 96 gerai di seluruh tanah air. Hal ini membuktikan bahwa PT BFI FInance Indonesia telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia selama kurun waktu 35 tahun. Pengalaman membawa PT BFI Finance Indonesia selalu memberikan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya.

Baca juga: Cara Mendapatkan Dana Tunai Dengan Cepat

Jika anda ingin membuktikannya, silakan kunjungi web resmi marketingnya di www.gadaibpkb.co.id, disini anda bisa melihat keunggulan-keunggulan PT BFI yang tidak dipunyai oleh perusahaan lain. Syarat dan ketentuannya pun sangat mudah, bahkan orang awam pun akan mudah untuk mengikutinya. Jika anda sudah yakin, silakan isi formulir disini dan biarkan pegawai profesional yang handal melayani anda. Good Luck!

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun