Syarat Gadai BPKB Mobil di Koperasi Paling Benar

Siapa yang tidak kenal koperasi, semua penduduk Indonesia pasti kenal dengan yang namanya koperasi. Sejak mulai sekolah dasar, kita sudah diperkenalkan dengan koperasi di sekolah. Biasanya untuk sekolah dasar, dikelola oleh para guru dan operasional sehari-harinya dibantu oleh siswa kelas 5 dan kelas 6, sedangkan untuk sekolah menengah biasanya para siswa  sudah diajarkan untuk mengelola dan menjalankannya.

Baca juga:

Di Indonesia saat ini terdapat berbagai macam koperasi berdasarkan jenis usahanya dan anggotanya. Berikut jenis-jenis koperasi yang dimaksud:

Berdasarkan Jenis usaha

  • Koperasi Serba Usaha (KSU) – Koperasi ini mempunyai usaha yang beragam mulai dari simpan pinjam, menjual barang-barang konsumsi kebutuhan anggotanya, menampung hasil produksi anggotanya dan lain sebagainya
  • Koperasi Simpan Pinjam (KSP) – Koperasi ini khusus menyelenggarakan penyimpanan dan peminjaman uang. Modal usaha diperoleh dari simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan sukarela anggotanya
  • Koperasi Produksi – Koperasi ini menjadi wadah pemasaran bagi anggotanya. Namun selain menampung hasil produksi anggotanya, juga membantu dalam pelatihan dan masalah permodalan anggotanya.
  • Koperasi Konsumsi – Koperasi ini melayani penjualan barang sehari-hari kepada anggotanya dan masyarakat umum. Dengan harga yang lebih murah dari supermarket, diharapkan menarik konsumen umum dan anggota.

Berdasarkan Anggotanya

  • Koperasi Sekolah – Koperasi sekolah merupakan media pendidikan bagi siswa. Pengurusnya terdiri dari para siswa yang dibimbing langsung oleh guru yang ditunjuk.
  • Koperasi Pasar – Koperasi ini beranggotakan para pedagang di pasar tersebut, bertujuan untuk membantu penyediaan bahan baku dagangan dan masalah permodalan
  • Koperasi Unit Desa – Koperasi ini beranggotakan para penduduk desa setempat, bertujuan untuk membantu perekonomian anggotanya dengan cara membantu masalah permodalan, menyelenggarakan pelatihan dan menampung hasil produksi anggotanya.
  • Koperasi Pegawai – Koperasi ini beranggotakan para pegawai disuatu perusahaan, bertujuan menyediakan kebutuhan bagi para pegawai disitu terutama kebutuhan sehari-hari dan simpan pinjam

Demi lancarnya usaha dan terpenuhinya kebutuhan anggota, berbagai aturan dibuat berdasarkan kesepakatan dalam rapat anggota tahunan yang diselenggarakan oleh pengurus setiap tahunnya. Diantaranya adalah mengenai syarat dan cara dalam mengajukan pinjaman.

Baca juga:

Bagi anda yang telah menjadi anggota koperasi, tapi tidak tahu cara mengajukan pinjaman, ini dia syarat-syarat umum yang harus disertakan ketika anda  mengajukan pinjaman:

  • Mengisi formulir yang telah disediakan
  • Melampirkan photo copy KTP
  • Melampirkan photo copy kartu anggota
  • Melampirkan buku tabungan pada koperasi tersebut

Namun bagi anda yang belum  menjadi anggota koperasi, anda diwajibkan untuk mendaftar menjadi anggota terlebih dahulu. Syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir pendaftaran
  2. Membuat kartu anggota koperasi
  3. Membuka tabungan pada koperasi tersebut
  4. Berdomisili di wilayah yang sama dengan koperasi tersebut
  5. Melampirkan photo copy ktp
  6. Melampirkan photo copy buku nikah
  7. Melampirkan photo copy kartu keluarga
  8. Melampirkan photo copy NPWP
  9. Jika mengontrak, ada surat keterangan domisili dari RT RW setempat
  10. Slip gaji asli
  11. BPKB Mobil berplat sama dengan wilayah operasi koperasi tersebut
  12. Melampirkan photo copy STNK (harus masih berlaku)

Ada beberapa biaya yang harus anda bayar ketika pertama kali menjadi anggota sebuah koperasi simpan pinjam, yaitu:

  • Simpanan pokok, yang wajib dibayar oleh anggota baru ketika pertama kali mendaftar
  • Simpanan wajib, yang wajib dibayar setiap bulannya sebagai simpanan anggota
  • Simpanan sukarela, simpanan ini bersifat sukarela tidak mengikat jumlah dan waktunya
  • Biaya untuk membuat kartu anggota

Jika kita lihat dari syarat-syarat diatas, ada beberpa hal pokok agar mendapat pinjaman dari koperasi yaitu:

  1. Harus berdomisili satu wilayah dengan koperasi tersebut
  2. Harus menjadi anggota koperasi tersebut terlebih dahulu
  3. Besar pinjaman anda akan dilihat dari lamanya anda menjadi anggota atau anda harus menyerahkan jaminan

Bagi anda yang bukan anggota koperasi dan merasa malas menjadi anggota koperasi karena tidak ada koperasi di sekitar anda tinggal, tidak usah khawatir jika memerlukan dana segar. Anda bisa mengajukan pinjaman anda di PT BFI Finance Indonesia. Cara dan syaratnya sangat mudah yaitu:

  1. Klik gadaibpkb.co.id
  2. Mengisi formulir yang disediakan, dan dalam hitungan jam petugas profesional kami akan menghubungi anda
  3. Sebaiknya anda segera melengkapi syarat-syarat dokumennya yaitu photo copy KTP, photo copy kartu keluarga, photo copy NPWP, slip gaji terakhir atau rekening tabungan selama 3 bulan terakhir untuk wiraswasta, photo copy PBB dan BPKB asli
  4. Bagi perusahaan syarat dokumennya adalah photo copy akta perusahaan, photo copy SIUP, photo copy TDP, rekening koran 3 bulan terakhir dan BPKB asli
  5. Jika data lengkap maka dalam 1 x 24 jam, pinjaman anda akan cair

Sangat mudah dan tidak ribet kan? Selain kemudahan diatas, banyak sekali keunggulan dari PT BFI Finance Indonesia ini, diantaranya adalah:

  1. Suku bunga yang kompetitif yaitu 11% sampai dengan 12% per tahun.
  2. Waktu pengembalian dana pinjaman yang cukup panjang yaitu 46 bulan sampai dengan 48 bulan, hal ini sangat membantu anda dalam mengatur perencanaan keuangan setiap bulannya.
  3. Anda akan mendapatkan sampai dengan 85% dana cair dari bpkb mobil yang anda agunkan.
  4. Data anda kami jamin aman 100% tidak akan bocor kepada pihak ketiga.
  5. Dengan kantor cabang yang berada di 33 propinsi, PT BFI Finance Indonesia mampu melayani kebutuhan masyarakat luas.
  6. Sebuah perusahaan pembiayaan yang terpercaya, atkan beberapa penghargaan dari berbagai instansi dan majalah, seperti majalah Tempo, majalah Infobank, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia, majalah investor dan sebagainya.

Nah bagi anda yang ingin mengajukan pinjaman dengan menggadaikan BPKB mobinya, bisa mempertimbangkan lebih jauh berdasarkan fakta-fakta diatas,  apakah memilih melalui koperasi atau PT BFI Finance Indonesia. Semua terserah anda. Good Luck!

Baca juga: Gadai Unit Mobil Tanpa BPKB

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips
Hubungi Kami
kontak

Pusat Gadai BPKB Mobil

Sunburst CBD Lot.1.2
Jl. Kapt. Soebijanto Djojohadikusumo
BSD City – Tangerang Selatan 15322

Marketing :
Phone : 021 55723507
Call / Wa : 0812 887 887 38
Call / Sms : 0878 82000 338
Apply Online
Gadai Bpkb Mobil ? Ajukan Segera

Nama (*)

Telp (*)

Alamat Lengkap (*)

Merk dan Tipe Kendaraan (ex : Toyota Innova Type Q Q AT (Diesel))

Tahun