Patuhi Kelengkapan Surat Kendaraan, Begini Syarat Perpanjangan STNK Motor dan Mobil Tahunan

Patuhi Kelengkapan Surat Kendaraan, Begini Syarat Perpanjangan STNK Motor dan Mobil Tahunan – Perpanjangan STNK memang sudah sangat diwajibkan sejak dahulu sebagai kelengkapan dokumen kendaraan. Namun karena kurangnya kepedulian dari sebagian orang terhadap hal ini, maka pihak polantas pun semakin gencar mewajibkan para pengguna kendaraan bermotor untuk memperpanjang STNK.

syarat perpanjangan STNK motor dan mobil tahunan

Banyak yang merasa malas karena syarat perpanjangan STNK motor dan mobil tahunan yang harus mereka siapkan cenderung lebih sulit padahal sebetulnya tidak. Atau mungkin merasa malas karena harus mendatangi kantor Samsat untuk melakukan perpanjangan STNK.

Terdapat dua jenis perpanjangan STNK yaitu setiap 1 tahun sekali amdan 5 tahun sekali. Jika proses perpanjangan STNK 5 tahun harus dilakukan di kantor Samsat, maka untuk perpanjangan STNK tahunan dapat dilakukan digerai Samsat keliling ataupun online dengan proses yang lebih cepat.

Adapun syarat untuk melakukan perpanjangan STNK adalah sebagai berikut.

Syarat Perpanjang STNK Tahunan

Selain yang telah disebutkan di atas, perpanjangan STNK tahunan dapat dilakukan dengan layanan Samsat Drive Thru dengan proses hanya beberapa menit jika dalam sedikit antrian. Adapun untuk syaratnya adalah sebagai berikut.

– Membawa KTP asli sesuai dengan nama yang tertera pada STNK atau BPKB.

– Membawa STNK asli sebagai bukti kepemilikan.

– Menyiapkan uang sesuai dengan jumlah pajak yang harus dibayar. Untuk mengetahui jumlahnya, Anda dapat check melalui aplikasi atau web resmi.

Adapun BPKB bukanlah bagian penting dalam perpanjangan STNK kendaraan bermotor. Namun untuk setiap daerah biasanya memang memiliki syarat yang berbeda, maka Anda perlu menyesuaikan dengan ketentuan yang diberlakukan di daerah Anda.

Syarat Perpanjang STNK 5 Tahun

Untuk syarat perpanjang STNK 5 Tahun, semua kendaraan bermotor diwajibkan mengganti plat nomor. Dimana penggantian plat nomor akan dilakukan apabila Anda memperpanjang STNK 5 tahunan disertai dengan membayar pajak kendaraan yang telah ditentukan.

Adapun syarat perpanjangan STNK kendaraan bermotor 5 tahun berbeda dengan syarat perpanjangan STNK motor dan mobil tahunan. Syaratnya berbeda dan prosesnya pun terhitung lebih rumit.

Adapun syarat yang harus disediakan adalah sebagai berikut.

– Membawa STNK atau surat tanda nomor kendaraan asli.

– Membawa KTP atau kartu tanda penduduk asli sesuai yang tertera pada BPKB dan STNK.

– Wajib membawa BPKB asli.

– Menyiapkan uang untuk membayar pajak kendaraan bermotor sesuai dengan jumlah yang harus dibayar.

Keharusan membawa STNK asli diperlukan untuk pengecekan nomor rangka dan nomor mesin karena merupakan suatu kewajiban dalam proses perpanjangan STNK 5 tahun sekali. BPKB pun diperlukan untuk membuktikan kepemilikan kendaraan bermotor. Apabila kendaraan bermotor Anda masih dalam proses kredit, maka Anda perlu meminta surat keterangan dari leasing agar dapat memenuhi syarat perpanjangan STNK  ataupun 5 tahunan.

Syarat Perpanjangan STNK Di Samsat Keliling

Seperti umumnya, pada Samsat keliling pun memerlukan KTP dan STNK asli sebagai syarat nya. Prosesnya pun lebih cepat dan sangat membantu dalam menghemat waktu. Selain perpanjangan STNK kendaraan bermotor, Samsat keliling pun melayani Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, serat pengesahan STNK tahunan.

Syarat Perpanjangan STNK Di Samsat Online

Adanya Samsat online memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor serta untuk memperpanjang STNK. Mungkin untuk syarat perpanjangan STNK melalui online, tidak jauh berbeda dengan umumnya. Hanya saja mungkin segala bentuk persyaratan harus dikirim dalam bentuk file atau foto.

Sayangnya Samsat online hanya melayani pembayaran pajak dan perpanjangan STNK saja, tidak seperti layanan pada Samsat keliling.

Sudah menjadi kewajiban sebagai pengguna jalan dan pemilik kendaraan bermotor untuk taat pajak serta tepat waktu dalam memperpanjang masa berlaku STNK.  Adapun untuk kelengkapan syarat perpanjangan surat tanda nomor kendaraan  bisa Anda peroleh melalui aplikasi resmi yang saat ini sudah disediakan pemerintah ataupun melalui web resmi.

Itulah beberapa syarat perpanjangan STNK motor dan mobil tahunan yang dapat menjadi referensi bagi Anda. Semoga bermanfaat.

Chat Sekarang
1
Butuh Bantuan?
Halo... Ada Yang Bisa Kami Bantu?