Tips Aman Modifikasi Knalpot Mobil

Tips Aman Modifikasi Knalpot Mobil

Semakin berkembangnya era teknologi otomotif saat ini, kini semakin bermacam-macam type dan fitur canggih pada mobil yang ditawarkan. Beberapa Vendor ternama layaknya Honda, Toyota, Daihatsu, Mitsubishi dan sebagainya saling berlomba untuk upgrate produk roda empat andalannya. Kini mobil bukan lagi suatu hal yang mewah, melainkan sudah berbalik menjadi sebuah kebutuhan mayarakat.

Berbicara mengenai model yang dibekalkan pada mobil keluaran terbaru, kini menjadikan pemilik tidak perlu repot untuk memodifikasi bagian body mobil. Kebanyakan para Vendor sudah melengkapinya dengan body kit dan aero kit pada sekeliling body mobil. Varian warnanya pun juga sudah disesuaikan dengan selera anak muda Indonesia. Namun, ada pula pengguna roda empat yang ingin merubah atau modifikasi dikarenakan ingin mobilnya tampil berbeda dari mobil pada umumnya bisa juga orang tersebut memang gemar otak atik mobil.

Yang dinamakan modifikasi, pastinya akan merubah suatu komponen lama diubah dengan komponen baru yang dirasa memiliki nilai estetika lebih tinggi. Hal ini kerap kali dilakukan oleh pemilik mobil yang gemar melakukan modifikasi pada mobil kesayangannya. Modifikasi mobil paling banyak dilakukan pada komponen knalpot, mungkin si pemilik ingin suara mobilnya terdengar lebih gahar dan lebih nampak keren.

Namun, dalam melakukan modifikasi pada knalpot mobil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar suara yang dikeluarkan bahkan penampilan yang diinginkan bisa sesuai dengan kebutuhan Anda. Apa saja tipsnya? Daripada penasaran, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Perhatikan Saluran Gas Buang Knalpot Mobil
Jika hendak mengganti komponen knalpot bawaan pada mobil dengan knalpot modifikasi, perlu diperhatikan mengenai saluran gas buangnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan performa mesin tersebut. Sebagai saran, perhatikan struktur header pada gas buang, resonator, dan mufflernya.

Baca juga  Tips Aman Modifikasi Pelek Mobil Agar Suspensi Tetap Nyaman

Memilih Header Knalpot Racing
Tips selanjutnya bisa Anda pilih header knalpot racing. Perlu diperhatikan jika penggantian knalpot ditujukan untuk meningkatkan mesin agar lebih garang, header knalpot racing pilihan yang tepat. Pastikan Anda sudah mengetahui konsekuensi mengenai resiko jika mengganti header knalpot. Pastinya akan berpengaruh pada performa mobil, gejala yang timbul kebanyakan tarikan mobil menjadi lebih berat. Oleh karena itu pikirkan matang

Mengganti Pipa Knalpot
Selain mengganti header knalpot, Anda juga perlu mengganti pipa knalpot. Dikarenakan dengan mengganti pipa knalpot akan membantu meningkatkan performa mobil. Disarankan pilih pipa knalpot yang memiliki kualitas terbaik, hal terebut perludilakukan dikarenakan agar tidak menghambat gas buang yang akan keluar dari dalam mesin. Jika sampai terhambat, akan beresiko muncul permasalahan baru pada mesin mobil.

Variasi Model Knalpot
Jika dirasa kebutuhan Anda mengganti knalpot hanya ingin terlihat lebih keren dan gagah tanpa melakukan perubahan pada suara. Disarankan untuk mengganti mufflernya saja. Muffler banyak sekali dijual di toko aksesoris sekitaran tempat tinggal Anda. Harganya pun relative terjangkau kisaran Rp 200-400 ribu saja. Cara ini bisa dijamin aman, dikarenakan tidak merubah komponen lain pada knalpot mobil Anda.

Selain menerapkan beberapa Tips Aman Modifikasi Knalpot Mobil diatas, Anda juga disarankan untuk memilih material knalpot yang tahan lama, biasanya material stainless memiliki ketahanan tidak mudah berkarat dan kropos. Jangan lupa untuk selalu melakukan konsultasi terlebih dahulu pada ahlinya sebelum melakukan perubaan atau modifikasi pada mobil kesayangan Anda. Selamat mencoba tipsnya dan semoga bermanfaat, serta bisa menjadi referensi positif bagi pembacanya.

5/5 (1 Review)